BenMall dan Mandiri Luncurkan e-Parking

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Joni Marsius saat mencoba layanan e-parking di BenMall Kota Bengkulu, Jum’at (16/8).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Bencoolen Mall bersama Bank Mandiri meluncurkan e-parking dengan menggunakan e-Money di Atrium Bencoolen Mall, Jumat (16/8) lalu. Pada peluncuran e-parking perdana ini, Bank Mandiri memberikan promo berupa tarif parkir sebesar Rp 1 untuk satu jam pertama. Promo tersebut diberikan kepada masyarakat sejak 17 Agustus 2019 hingga 14 September 2019 mendatang.

Head Area Bank Mandiri Bengkulu, Muhammad Abdul Malik mengatakan, e-parking merupakan salah satu bentuk dukungan dari Bank Mandiri untuk mengimplementasikan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) di Kota Bengkulu.
Karena selama ini, pembayaran parkir mall di Kota Bengkulu masih dilakukan manual. Padahal jika menggunakan e-money maka proses pembayaran parkir dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

“Kita kerjasama dengan BenMall karena sebelumnya memang belum menerapkan e-parking, harapan pembayaran parkirnya bisa lebih mudah dan cepat cukup pakai kartu e-money,” kata Malik.

Ia mengaku, dengan hadirnya e-parking di BenMall maka pembayaran parkir menjadi lebih mudah dan cepat. Terbukti, setiap kendaraan yang akan keluar lokasi parkir dalam hitungan kurang dari 10 detik sudah bisa melakukan pembayaran hanya dengan menempelkan e-money. Bahkan, hal ini juga mempermudah pekerjaan para petugas parkir di BenMall.

“Pemilik kendaraan tinggal menyerahkan e-Money, dan selanjutnya akan ditempel ke mesin, transaksi parkir langsung selesai,” ujar Malik.

Ia mengatakan, e-money dari Bank Mandiri ini, cara mendapatkannnya sangat mudah. Kartunya tersedia di cabang-cabang Bank Mandiri terdekat, termasuk di Alfamart dan Indomaret dengan harga sebesar Rp 30 ribu. “Setelah mendapatkan kartu, masyarakat bisa melakukan top up atau mengisi ulang hingga maksimal Rp 2 juta,” jelasnya.

Agar lebih mudah, Bank Mandiri juga telah menyediakan aplikasi yang diberi nama Mandiri Online dengan salah satu fiturnya, berupa perintah untuk top up ke e-Money melalui saldo rekening Bank Mandiri nasabah. “Caranya mudah sekali melalui gadgetnya, dengan beberapa perintah tertentu, seperti men-scan kartu e-Money, transaksi langsung berjalan,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Joni Marsius menyambut baik apa yang dilakukan Bank Mandiri. Sebab, ini bagian dari GNNT sebagai upaya dalam membentuk masyarakat yang khusus menggunakan instrumen non tunai dalam transaksi ekonominya (Less Cash Society). “Dari satu upaya ini, Bengkulu akan siap untuk naik kelas menjadi masyarakat yang modern dan maju,” tutupnya.

Sementara itu, COO BenMall Bengkulu, Irwandi Putra mengatakan, tidak hanya menjadikan masyarakat Bengkulu semakin modern dan maju, e-parking ini juga mencegah kecurangan yang dilakukan oleh petugas parkir. Sehingga uang dari pembayaran parkir tidak bisa digelapkan karena semua saldo parkir masuk ke rekening Bank Mandiri.
“Ini jelas lebih baik, proses transaksi dapat lebih aman dan mencegah kecurangan,” tutupnya.(999)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*