Benih Jagung Kurang

Bibit Jagung (2)

TAIS,Bengkulu Ekspress – Banyaknya usulan permintaan benih jagung oleh petani Seluma, membuat Dinas Pertanian melakukan koordinasi ke Kementerian Pertanian. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Marah Halim SP MP MSi mengatakan, usulan benih jagung dari kelompok tani seluas 5500 hektare. Namun, pengadaan bibit dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara hanya mampu memenuhi untuk 500 hektare saja.

“Tadi ada Direktur Perbenihan dari Kementerian Pertanian. Karena benih jagung mengalami kekurangan, disarankan agar petani diarahkan untuk menanam padi lahan kering,” sampainya.

Dalam waktu dekat ini, kata dia, petugas pertanian kecamatan akan melakukan sosialisasi ke kelompok tani (Poktan) agar mengarahkan petani menanam padi lahan kering. Sebab, saat ini, beberapa titik saluran irigasi sedang dalam perbaikan. Terutama saluran irigasi Bendungan Seluma.

“Untuk stok bibit padi dipusat siap,” jelasnya.

Sedangkan usulan permintaan benih padi seluas 1088 hektare. Yang saat ini telah masuk ke rekening kelompok tani masing-masing. Sehingga, jika lahan telah siap, pihak dinas akan segera menyalurkan berupa bibit dan pupuk. “Siap diluncurkan apabila petani sudah siap lahan, benihnya sudah siap juga. Luas lahan itu menyebar di kecamatan seluruh Kabupaten Seluma,” sambung Marah Halim. (333)