Bengkulu Utara Ditargetkan jadi Sentral Ikan Patin

APRIZAL/Bengkulu Ekspress
PT Prima dan Mendes PDTT memberikan bantuan bibit ikan patin kepada masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara.

PADANG JAYA, Bengkulu Ekspress – Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo bersama PT Prima memberikan beberapa bantuan bibit ikan patin, Kredit Usaha Rakyat, pengembangan ekonomi perdesaan, bantuan saranan dan prasarana perdesaan dan bantuan sarana dan prasarana perikanan kepada masyarakat Bengkulu Utara.

PT Prima bersama Kementerian PDTT menargetkan Kabupaten Bengkulu Utara menjadi kawasan sentral ikan patin di Provinsi Bengkulu.

Hal ini disampaikan Presiden Direktur PT. Central Proteina Prima Tbk, Irwan Tirtariyadi saat menghadiri kunjungan Kemendes PDTT di Desa Marga Sakti Kecamatan Padang Jaya, Rabu (6/2).

“Bengkulu Utara merupakan wilayah yang tepat untuk pengembangan budidaya ikan patin, ini berdasarkan letak geografis serta mencukupinya ketersedian air dan irigasi,” katanya.



Irwan juga mengungkapkan, khusus untuk bantuan bibit ikan patin, diharapkan ke depan petani mampu menjaga bibit ikan tersebut dan bisa membudi dayakan bibit tersebut semaksimal mungkin. “Dengan ada bantuan ini diharapkan petani dapat mampu semaksimal mngkin bantuan ini,” ungkapnya

Irwan juga menambahkan, selain meningkatkan geliat perekonomian, dengan bantuan tersebut pihaknya berharap dapat mendongkrak kesejahteraan masyarakat Bengkulu Utara. “Untuk itu ia menargetkan petani patin di wilayah Bengkulu Utara bisa panen mencapai 300 ton perbulan,” ujarnya.

Selain itu, wacana pendirian pabrik olahan ikan patin di Kabupaten Bengkulu Utara nampaknya urung terlaksana. Karena pembangunan pabrik pengolaan ikan patin akan dilakukan di kawasan Industri Pulau Baai Bengkulu.

“Sekarang sudah dilakukan pemetaan lokasi sekaligus dalam tahap kepengurusan AMDAL. Kira harap prosesnya nanti berjalan dengan lancar,” terangnya.

Namun, Irwan menerangkan, untuk di Kabupaten Bengkulu Utara dikhususkan untuk pengembangan budi daya ikan patin di kawasan agro mina politan Kecamatan Padang Jaya. “Setelah benih ikan patin yang kita berikan kepada masyarakat ini sudah memasuki tahap produksi, maka kita akan mendirikan pabrik olahan ikan patin segar ataupaun berupa bahan olahan lainnya,” tandasnya.(127)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*