Bengkulu Tuan Rumah MNEK

ist/Bengkulu Ekspress Plt Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA secara langsung menenui Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji di Mabes Hankam AL
ist/Bengkulu Ekspress Plt Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA secara langsung menenui Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji di Mabes Hankam AL

Plt Gubernur Bengkulu Temui Kasal

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Provinsi Bengkulu terus matangkan rencana event multilateral naval exercise komodo (MNEK) yang akan digelar pada tahun tahun 2020. Hal ini sebagai wujud dalam meriahkan program visit 2020 wonderful Bengkulu.

Agar Provinsi Bengkulu bisa menjadi tuan rumah, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA secara langsung menenui Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji di Mabes Hankam AL, Cilangkap Jakarta Timur.

“Rencana kita sudah disambut baik oleh Kasal,” terang Rohidin, kemarin (27/7).

Rohidin mengungkapkan, jika MNEK tahun 2020 dapat digelar di Bengkulu, maka akan semakin meriah. Sebab, event tersebut nantinya akan dikolaborasikan menjadi rangkaian even Bencoolen Marine International Festival.

“Dalam waktu dekat, beliau akan mengutus stafnya untuk datang ke Bengkulu dalam rangka survey lokasi,” ujarnya.

Event besar MNEK yang akan melibatkan seluruh negara di dunia itu, menurut Rohidin merupakan latihan bersama dengan Angkatan Laut negara-negara sahabat dalam operasi militer selain perang. Event ini digelar setiap dua tahun sekali. Pada tahun ini, MNEK digelar di Nusa Tenggara Barat.

“Tujuan event ini untuk meningkatkan kerjasama dalam menanggulangi bencana dan permasalahan kemanusiaan di suatu kawasan yang perlu mendapat perhatian semua negara,” tambah Rohidin.

Disamping itu, ketika event besar tersebut terlaksana di Bengkulu, maka hal ini menjadi memont untuk mempromosikan Bengkulu di nasional maupun luar negari. Sehingga dampaknya nanti, banyak wisatawan yang berkunjung di Bengkulu.

“Ini kita jadikan media promosi untuk Bengkulu,” tegasnya.

Agar benar-benar teralisasi, Plt Gubernur telah menginstruksikan kepada Plt Kepala Bappeda Provinsi, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) serta OPD terkait lainnya untuk dapat membantu persiapan. Plt Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu, Dra Hj Noni Yuliesti MM mengatakan, pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan OPD terkait.

“Termasuk kita juga akan terus berkoordinasi kepada tim Mabes TNI AL yang akan turun untuk melakukan survey ke Bengkulu,” ujar Noni.

Menurutnya, Bengkulu menjadi lokasi yang strategis, bisa digelarnya event tersebut. Mengingat Bengkulu berada di kawasan Indonesia bagian barat dan berdekatan dengan negara-negara tetangga. “Event ini juga sebagai bentuk promisi daerah. Ketika ini sukses digelar, maka nama Bengkulu akan dikenal oleh Dunia,” tandasnya. (151)