Bengkulu Tidak Akan Terkena Gerhana Matahari

BENGKULU,BE- Merebaknya isu yanga menyatakan bahwa bumi akan gelap selama tiga hari, yaitu pada tanggal 23,24 dan 25 Desember nanti. Hal tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya termasuk oleh  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu. Hal ini disampaikan Sudiyanto SP Kepala Observasi dan Informasi BMKG Pulau Baai kemarin.

“Meskipun BMKG mempunyai badan yang mengawasi masalah gempa namun untuk isu ini kita tidak bisa berkomentar, karena ini lebih pada ranahnya LIPI atau Lapan,” ungakapnya.

Ia menjelaskan jika yang terjadi adalah gerhana matahari total, maka Bengkulu bisa dipastikan tidak akan terkena, karena Koordinat Bengkulu yanag berada pada koordinat 030 51′ 56″ LS dan 1020 18′ 43″ bukan pada koordinat Gerhana Matahari. Menurutnya  dalam setiap tahun pasti akan ada paling sedikit dua gerhana Matahari dan dua gerhana Bulan.

“Bengkulu tidak akan terkena gerhana karena koordinatnya bukana berada pada koordinat yang dilalui gerhana, untuk pulau Sumatera yang sering terkena gerhana adalah daerah Aceh,” tambahnya.

Selanjutnya ia menjelaskan jika terjadi gerhana,  cuaca tidak akan terpengaruh.(cw2)