Bengkulu Terima Alokasi APBN 2021 Rp 14,8 Triliun

Foto Rio/ BE – Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran 2021 di lingkup Provinsi Bengkulu, Jumat (27/11).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu mendapatkan alokasi APBN sebesar Rp 14,8 triliun untuk tahun anggaran 2021. Hal itu berdasarkan
penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran 2021 di lingkup Provinsi Bengkulu, Jumat (27/11).

“Alokasi APBN tahun 2021 terdiri dari anggaran belanja Kementrian Negara dan Lembaga sebesar Rp 4,6 triliun.
Lalu alokasi dana TKDD sebesar Rp 10,24 triliun, diantaaranya Pemprov Bengkulu sebesar Rp 2,11 triliun,” kata Plt Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah.

Dedy mengatakan, jika dibandingkan dengan alokasi APBN tahun lalu alokasi tahun ini mengalami penurunan sebesar -5,32 persen. Sedangkan jika dibandingkan dengan alokasi APBN setelah terbitnya Perpres 72 tahun 2020, tahun ini mengalami peningkatan sebesar 5,17 persen.

Sementara itu, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu Ismed Saputra mengatakan, prioritas APBN tahun depan, diarahkan mendukung kelanjutan penanganan pandemi, pemulihan ekonomi dan transisi pembangunan nasional. Terlebih pertumbuhan ekonomi di triwulan kedua dan ketiga mencapai 5,05 persen.

“Dimana komponen pendorong adalah konsumsi pemerintah yang tumbuh positif 9,8 persen, meningkat signifikan dari negatif 6,9 persen pada triwulan kedua,” tutupnya. (HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*