Bengkulu Tengah Anggarkan Insentif Guru PAUD

Kabid PNFI, Syarifuddin
Foto : Kabid PNFI Dikpora Bengkulu tengah,
Syarifudin SPd MPd

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Kabar gembira bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang mengadi di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng).Sebab, insentif guru PAUD ini telah disiapkan oleh Pemkab Benteng dari anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBDP) tahun 2018, yakni sebesar Rp 63 juta.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Benteng, Syarifudin SPd MPd.Dijelaskannya, anggaran untuk insentif guru PAUD hanya akan disiapkan untuk 3 bulan. Yakni, bulan Oktober, November dan Desember.

“Karena dalam APBD murni tidak dianggarkan, maka insentif hanya akan diberikan selama 3 bulan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Syarifudin mengatakan bahwa penyaluran insentif hanya akan disalurkan kepada guru PAUD yabg telah melalui tahapan verifikasi.Syaratnya, setiap guru belum pernah menerinma insentif dari pusat, telah mengajar minimal selama 1 tahun, tarcatat secara online ke dalam Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

“Untuk membuktikan status mereka, setiap tendik harus menunjukan surat keputusan (SK) dari yayasan atau lembaga,” tandasnya.



Hingga akhir tahun 2018 ini, jelas Syarifudin, tercatat sebanyak 423 tendik yang tersebar di 143 PAUD dan 46 orang guru non pegawai negeri sipil (PNS) yang tersebar di 28 taman kanak-kanak (TK) se-Kabupaten Bengkulu tengah.

Lantaran belum menetapkan jumlah tendik yang akan menerima bantuan, Syarif juga belum bisa memastikan besaran insentif yang akan disalurkan perbulan. Bisa saja Rp 200 ribu atau Rp 250 ribu perbulan.”Kami juga menunggu pengajuan dari lembaga atau yayasan mengenai guru yang berhak menerima insentif daerah. Sebab, pihak yayasan atau lembagalah yang paling mengetahui kinerja mereka selama ini,” demikian Syarifudin.(135)