Bengkulu Tambah Rute Penerbangan Baru

Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu saat ini sedang dalam proses untuk menambah rute penerbangan baru di Bandara Fatmawati Soekarno di Provinsi Bengkulu. Pemerintah merencanakan menambah rute penerbangan Bengkulu-Medan dan Bengkulu-Yogyakarta. Selain itu, setelah Bandara Fatmawati berubah status menjadi bandara Internasional yang saat ini dikelolah oleh PT Angkasa Pura (AP) II, maka akan melayani penerbangan langsung menuju Singapura dan Malaysia. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu, Drs Darpinudin mengatakan, Dishub Provinsi Bengkulu telah menyurati pihak maskapai untuk penambahan dua rute penerbangan ini. Bahkan pihaknya juga sudah mengajukan ke Kementerian Perhubungan, sehingga tinggal menunggu persetujuan saja.

“Kita harapkan pada tahun ini Bengkulu akan ada dua rute penerbangan baru ke Bengkulu-Medan, dan Bengkulu-Yogyakarta,” kata Darpinudin, Selasa (4/2).

Ia mengaku, bertambahnya rute itu nanti diharapkan mampu memenuhi tingginya kebutuhan transportasi udara masyarakat setempat. Sekaligus salah satu cara membuka Bengkulu dari ketersisihan. Salah satunya dengan menambah tujuan terbang ke Bengkulu maupun sebaliknya.

“Kita Pemerintah Provinsi Bengkulu, memang salah satu dari visinya Gubernur Bengkulu adalah membuka Bengkulu dari ketersisihan, salah satunya adalah menambah tujuan terbang,” ujarnya.

Ia mengaku, saat ini Bandara Fatmawati Bengkulu telah melayani beberapa rute penerbangan diantaranya Bengkulu-Jakarta, Bengkulu-Palembang, Bengkulu-Jambi, Bengkulu-Bandung, Bengkulu-Padang, dan Bengkulu-Batam. Namun, untuk penerbangan tujuan Bengkulu-Yogyakarta dan Bengkulu-Medan hingga saat ini belum tersedia. Oleh karenanya, Pemerintah Provinsi Bengkulu tengah mengupayakan untuk penambahan dua rute penerbangan tersebut.

“Ini kita sedang bernegosiasi, agar dapat slot untuk bisa penerbangan Bengkulu-Yogyakarta sama Bengkulu-Medan,” tuturnya.

Selain itu, Ia mengaku, setelah Bandara Fatmawati beralih status menjadi bandara Internasional maka nantinya juga akan melayani beberapa penerbangan internasional seperti ke Singapura dan Malaysia. Sehingga untuk melakukan perjalanan ke luar negeri tidak perlu harus ke Jakarta dulu, tetapi cukup dari Bengkulu.

“Nanti kalau Bandara Fatmawati sudah jadi Internasional tidak akan melayani penerbangan domestik saja tetapi Internasional juga seperti ke Malaysia dan Singapura,” tutupnya. (999/Diskominfotik)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*