Bengkulu Suplus Listrik 83 MW


BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Total kebutuhan daya listrik di Provinsi Bengkulu hanya sebesar 147 Megawatt (MW), sementara total daya listrik yang dimiliki saat ini mencapai 230 MW. Sehingga ada surplus atau kelebihan daya listrik sebesar 83 MW.

“Kita surplus listrik sekitar 83 MW,” kata Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Bengkulu, Nova Sagita, kemarin (19/9).

Untuk itu Ia menyebutkan, persediaan kapasitas listrik yang tersedia di Bengkulu masih cukup besar. Sehingga listrik di Bengkulu bisa dikatakan sudah bisa menjadi barometer pertumbuhan industri dan investasi serta pembangunan daerah. “Dengan kapasitas yang masih tersisa cukup besar, PLN siap memasok listrik untuk mendukung pembangunan dan pertumbuhan investasi di Bengkulu,” ujarnya.

Termasuk dalam rencana pembangunan KEK di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu, pihaknya menyatakan sudah menyiapkan pasokan listrik. Bahkan Ia menyatakan, telah menyiapkan daya listrik PLTU sebesar 2×100 MW dan ditambah produksi dari pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTPB) Ulu Lais, Kabupaten Lebong, sebesar 150 MW. Dengan demikian, cadangan daya listrik yang tersedia di Provinsi Bengkulu, nantinya sebesar 400 MW. “Daya listrik sebanyak ini harus dicarikan tempat penyalurannya, salah satunya KEK yang segera dibentuk oleh Pemprov Bengkulu,” ungkapnya.



Ia menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemprov Bengkulu, terkait masalah penyaluran listrik yang dimilik PLN setempat. “Kita berharap KEK yang akan dibentuk Pemprov Bengkulu, segera diwujudkan dalam waktu dekat, sehingga listrik yang kita miliki bisa terjual atau terpasarkan,” ujarnya.

Selain itu, PLN Bengkulu juga berharap agar banyak investor luar yang masuk ke daerah ini untuk berinvestasi, sehingga cadangan listrik milik PLN yang sangat banyak tersebut, dapat dipasarkan.”Soal persedian listrik di Bengkulu, saat ini tidak ada masalah karena stoknya cukup banyak, sehingga berapapun listrik yang dibutuhkan investor dapat kita atasi dengan baik,” tutur Nova.

Dengan demikian, para investor luar yang akan masuk ke Bengkulu, tidak perlu khawatir soal listrik karena stok listrik milik PLN Bengkulu, saat ini tersedia dan siap disalurkan ke pelanggan sekitar 83 MW.”Kapan saja investor membutuhkan listrik kita siap mensuplainya. Sekarang bagaimana kiat Pemprov Bengkulu menarik investor datang ke Bengkulu. Soal listrik sudah kita siap dalam jumlah besar,” tutupnya.(999)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*