Bengkulu Segera Miliki Kamus Bahasa Daerah

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu Dra Yanti Riswara MHum

BENGKULU BE – Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu baru-baru ini menggelar lokakarya hasil inventarisasi kosa kata bahasa daerah di Provinsi Bengkulu. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Mercure selama dua hari tersebut dibuka Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu Dra Yanti Riswara MHum. Melalui kegiatan ini Bengkulu segera memiliki kamus bahasa daerah Bengkulu.

Menurut Yanti Riswara, ”Loka karya digelar setelah selama 4 tahun terakhir Kantor Bahasa melakukan pengumpulan sekitar 3.000 kosa kata. Dengan begitu, saat loka karya ini dilakukan penyesuaian kosa kata sesuai dengan berbagai dialek.

“Hasil inventarisasi bahasa daerah ini akan dibukukan dan diterbitkan ke kamus Bahasa daerah Bengkulu,” terangnya.

Untuk itu, dalam kesempatan ini peserta lokakarya melibatkan tiga puluh penutur asli yang memiliki pengetahuan bahasa Bengkulu dan berbagai dialek, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan menghadirkan pemateri Azhari Dasman Darnis MHum (Peneliti di Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra). Dengan begitu, kosa kata tersebut bisa diisi sesuai dialeknya.

Terkait pencetakan kamus basa daerah ini Yanti belum bisa memastikannya. Ditargetkan kamus tersebut direncanakan terbit pada 2021 mendatang. Ia berharap dengan adanya kamus daerah, dapat bertujuan untuk mengenalkan kearifan lokal sehingga tidak punah. (247).

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*