Bengkulu Rawan Badai, DLH Pangkas Puluhan Pohon

FOITO ILMI/BE – Pemangkasan Pohon yang dilaksanakan DLH Kota, Jumat (31/01)

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Guna tumbangnya pohon saat badai di Kota Bengkulu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jumat (31/01) melakukan pemangkasan sejumlah pohon besar yang terdapat di jalan S. Parman dan jalan Protokol Kota Bengkulu.

Kadis DLH Kota, Syarnubi menuturkan, hal ini juga dilakukan sebagai tindak lanjut atas peringatan dari BMKG Stasiun Kelas III Fatmawati Bengkulu terkait cuaca ekstrem dan badai yang kemungkinan akan melanda Bengkulu hingga beberapa waktu kedepan. Sehingga pihaknya berusaha mengantisipasi agar jangan sampai ada pohon besar yang tumbang apalagi sampai mengakibatkan korban jiwa. Sebab menurut Syarnubi, berdasarkan data yang dimiliki pihaknya, di Kota Bengkulu terdapat 3000 batang pohon dan 400 pohon besar yang sudah tua dan bisa saja tumbang sewaktu- waktu.

“Kita antisipasi cuaca ekstrem dan badai yang mungkin bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Seperti kemarin itu kan ada lumayan banyak pohon tumbang. Jadi kita pangkas pohon-pohon yang sudah tua jangan sampai nanti tumbang dan membahayakan. Sampai saat ini sudah ada puluhan pohon yang kita pangkas. Tapi kita juga masih patroli ke titik-titik pohon yang rawan tumbang, karena di Bengkulu ini cukup banyak pohon yang sudah tua,” ujar Syarnubi.

Disisi lain, Syarnubi juga mengimbau masyarakat agar tidak berhenti di dekat pohon besar saat badai atau hujan tiba. Selain itu, ia pun menuturkan jika sewaktu-waktu warga membutuhkan bantuan DLH untuk melakukan pemangkasan pohon besar disekitar rumahnya agar segera mendatangi DLH Kota. Sebab saat ini, DLH telah memiliki 2 unit mobil tangga yang siap difungsikan untuk membantu warga selama 24 jam. (ibe)