Bengkulu Raih Penghargaan Cita Rasa Boga Swarna Dwipa

IST/Bengkulu Ekspress Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Ir Hj Nurul Kasmeri Idrus MSi dan jajaran Dinas Ketahanan Provinsi Bengkulu saat meraih piagam penghargaan dan piala pada Festival Kuliner Khas Nusantara HUT TMII ke 43 di Jakarta beberapa minggu yang lalu.
IST/Bengkulu Ekspress Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Ir Hj Nurul Kasmeri Idrus MSi dan jajaran Dinas Ketahanan Provinsi Bengkulu saat meraih piagam penghargaan dan piala pada Festival Kuliner Khas Nusantara HUT TMII ke 43 di Jakarta beberapa minggu yang lalu.

Festival Kuliner Khas Nusantara HUT TMII ke-43

PROVINSI Bengkulu melalui Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu berhasil meraih penghargaan pada Festival Kuliner Khas Nusantara, dengan kategori Penyaji Unggulan “Cita Rasa Boga Swarna Dwipa” wilayah Sumatera. Festival tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang ke 43.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Ir Ramlan M MA melalui Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Ir Hj Nurul Kasmeri Idrus MSi mengungkapkan, Prestasi tersebut diperoleh dengan sebelumnya melaksanakan lomba kuliner tingkat provinsi.

“Prestasi membanggakan ini karena sebelumnya melaksanakan lomba kuliner tingkat provinsi dan dengan perhitungan yang matang dan akurat,” ujar Kasmeri, kemarin (23/4).

Kasmeri menjelaskan, sebelumnya pihaknya melaksanakan lomba kuliner tingkat provinsi dengan display menu kuliner yang telahdilombakan sebanyak tiga kali serta menyusun menu, penghitungan gizi dan kandungan kalori menu sesuai dengan petunjuk teknis dari panitia kuliner pusat. “Provinsi Bengkulu berhasil meraih penghargaan dengan kategori Penyaji Unggulan “Cita Rasa Boga Swarna Dwipa” wilayah Sumatera karena sebelumnya kami sudah memperhitungkan dengan cermat untuk sajian ini,” jelas Kasmeri.

Pada perlombaan tersebut pihaknya menyajikan Menu Pembuka atau Appetizer mulai dari Bubur Ubi Kayu dan Sambal Cengeh, kemudian Menu Utama atau Main Course disajikan Nasi Lokal Fatmawati, Dol Lele Marlborough, Pedasam Lokan (pedas asam mania), Dendeng Geprek Jamur Gerigit. Kemudian pada Menu Penutup atau Dessert disajikan Bongkol Jagung dan Minuman Undak Kalamansi.

“Menu-menu tersebut disajikan sesuai dengan materi yang diberikan para dewan juri dengan bahan dasar khas daerah masing-masing. Bengkulu berhadil mengukir prestasi sebagai penyaji Unggulan “Cita Rasa Boga Swarna Dwipa”,” tutur Kasmeri.

Perlombaan ini diikuti dari berbagai provinsi di Indonesia dengan masing terdiri dari 5 kategori penyaji unggulan mulai dari wilayah Jawa dan Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia Bagian Timur. “Ada tiga provinsi di Sumatera yang memperoleh penghargaan sebagai Penyaji unggulan ini yaitu Provinsi Bengkulu, Sumatera Barat, dan Aceh,” sambung Kasmeri.

Semua provinsi yang mengikuti perlombaan dalam rangka turut memeriahlan HUT TMII yang ke 43, ini memperebutkan piala bergilir dari Menteri Pariwisata RI. Meskipun Bengkulu tidak meraih juara umum, tetapi Bengkulu berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu kuliner terbaik di Sumatera.

“Lomba kuliner ini dengan tema “Kearifan Bahan Lokal Go Internasional” dan Bengkulu berhasil mengukir prestasi yang membanggakan. Kedepannya kami berharap kedepannya Bengkulu bisa semakin dikenal baik dari segi kulinernya maupun prestasi lainnya,” tukas Kasmeri.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Merayah MMA mengatakan, pihaknya mengapresiasi kuliner Bengkulu karena telah mampu meraih penghargaan di tingkat Nasional. Hal ini berarti kearifan lokal di Bengkulu dalam bidang kuliner sudah terbukti. “Cita rasa kuliner Bengkulu sudah terbukti khas dan lezat, hal ini adalah potensi BEngkulu untuk smekain dikenal,” ujar Rohidin.

Rohidin menilai kegiatan ini sebagai salah satu cara untuk melestarikan, mempromosikan, dan mempublikasikan keanekaragaman kuliner khas Bengkulu. Kegiatan ini skelaigus menjadi ajang promosi bagi Bengkulu untuk memperkenalkan kenakeragaman kuliner yang dimiliki Bengkulu ke mata nasional.

“Sudah saatnya Bengkulu dikenal melalui wisata, budaya dan kuliner khasnya yang lezat dan bercita ras tinggi,” tutup Rohidin.(999)