Bengkulu Pertama Launching SiCantik Cloud

Hendrik/bengkuluekspress.com/ Sambutan Sekdaprov Bengkulu Nopian Andusti Rapat koordinasi pimpinan daerah dalam rangka penyelanggaraan pelayanan terpadu satu pintu ( PTSP ) Prima di Daerah dan launching penggunaan aplikasi perizinan Sicantik Cloud kabupaten / kota seprovinsi Bengkulu.
Hendrik/bengkuluekspress.com. Sambutan Sekdaprov Bengkulu Nopian Andusti Rapat koordinasi pimpinan daerah dalam rangka penyelanggaraan pelayanan terpadu satu pintu ( PTSP ) Prima di Daerah dan launching penggunaan aplikasi perizinan Sicantik Cloud kabupaten / kota seprovinsi Bengkulu.

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Guna melaksanakan layanan online terintegrasi Online Single Submission (OSS), pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu Pintu (DPMPTSP) menerapkan Sistem Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik atau yang dikenal dengan istilah SiCantik Cloud pertama sekali di Indonesia.

Hal tersebut dilakukan saat Rapat Koordinasi Pimpinan Daerah dalam rangka penyelanggaraan pelayanan terpadu satu pintu ( PTSP ) Prima di Daerah dan launching penggunaan aplikasi perizinan Sicantik Cloud kabupaten / kota seprovinsi Bengkulu. Acara dilaksanakan di Santika Hotel Bengkulu pada Selasa (31/7/2018) dengan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, staf ahli bidang pemerintahan Kemendagri Suhajar Diantoro, para Bupati kabupaten/kota Se provinsi Bengkulu serta FKPD yang hadir.

Hendrik/ bengkuluekspress.com/ Pemukulan alat musik doll sebagai tanda pembuka launching penggunaan aplikasi perizinan Sicantik Cloud kabupaten / kota se provinsi Bengkulu
Hendrik/ bengkuluekspress.com/ Pemukulan alat musik doll sebagai tanda pembuka launching penggunaan aplikasi perizinan SiCantik Cloud kabupaten / kota se Provinsi Bengkulu

“SiCantik Cloud yang terintegrasi dengan OSS dicanangkan presiden pada 18 April 2018 lalu. Hal itu dilakukan pemerintah untuk mendorong kemudahan dalam perizinan berusaha,” pungkasnya Kadis DPMPTSP Provinsi Bengkulu Ir. Hendry Poerwantrisno kepada Bengkuluekspress.com seusai acara.

Hendry mengatakan, Provinsi Bengkulu pertama kali menindaklanjuti program dari pemerintah pusat tersebut di Indonesia.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui staf ahli bidang pemerintahan Kemendagri Suhajar Diantoro mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi Bengkulu mengintegrasikan peningkatan PTSP menjadi PTSP Prima. Dengan menintegrasikan Sistem Pelayanan OSS, Bengkulu termasuk 10 tercepat dalam pembentukan satgas percepatan usaha.

Kita lihat di negara-negara maju izin berusaha tidaklah sulit, seperti contoh Kemudahan perizinan bersusaha Singapura nomor dua sedangkan Indonesia berada nomor 72. Kenapa kita kalah dengan Singapura? Karena karena organisasi pemerintahannya yang efektif serta layanann yang jelas dan mudah.

Maka untuk mencapai kemajuan kita harus membentuk organisasi yang berkesinambungan dalam meningkatkan pelayanan.

” Alhamdulillah Bengkulu sudah siap untuk membantu mewujudkan itu semua salah satunya dengan launching ini, Karena mengapa, fungsi pemerintahn salah satunya pelayanan kepada masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, Sekdaprov Bengkulu Nopian Andusti mengatakan, kita inginkan provinsi Bengkulu menjadi studi tiru atau studi banding terkait izin pelayanan. Karena kita yang pertama melaunching OSS SiCantik ini.

“Pak Gub berpesan kita jangan selalu mencontoh tapi menjadi contoh bagi daerah lain,” pungkasnya.

Maka itu, jadikanlah Provinsi Bengkulu sebagai tempat orang belajar jangan kita terus yang belajar di tempat orang.

“Salah satu pelayanan publik yang berbentuk aplikasi perizinan online saat ini merupakan salah satu komitmen untuk meningkatkan kemajuan daerah serta pelayanan yang mudah bagi masyarakat,” tutupnya. (HBN)