Bengkulu Pamerkan Produk Unggulan

IST/Bengkulu EkspressUNGGULAN: Ketua PKK Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin Rohidin bersama Kepala Badan Penghubung Provinsi Bengkulu, Ferry Ernez Parera dan Diklat Seni Anjungan Daerah Bengkulu foto bersama saat usai mengikuti pameran rangkaian HUT Ke-44 Taman Mini Indonesia Indah, di Jakarta.

DI HUT Ke-44 TMII

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dalam rangka HUT Ke-44 Taman Mini Indonesia Indah Anjungan Daerah Bengkulu menyelenggarakan kegiatan Pergelaran Seni Budaya, Pameran Produk Unggulan dan Bazar Kuliner Khas Bengkulu. Kegiatan berlangsung dari tanggal 19 April sampai dengan 21 April 2019 itu, dibuka langsung oleh Kepala Badan Penghubung Provinsi Bengkulu, Ferry Ernez Parera SSSTP MSi dengan ditandai pemukulan dol yang didampingi oleh Ketua Badan Badan Musyawarah Masyarakat Bengkulu di Jakarta.

Setelah pembukaan selesai, langsung dilanjutkan dengan penampilan Musik Dhol Kolaborasi oleh Diklat Seni Anjungan Daerah Bengkulu. “Kegiatan ini sekaligus sebagai wadah silahturahmi bagi masyarakat Bengkulu di Jakarta,” ujar Ferry dalam kegiatan tersebut.



Tidak hanya itu, Ferry menegaskan, berbagai pameran seni asli Bengkulu itu dilakukan tidak lain untuk menunjukan kepada Indonesia, bahwa Bengkulu memiliki potensi besar dalam seni. Harapannya, kegiatan ini tentunya akan memberikan kontribusi untuk meningkatakan orang ataupun wisatawan datang ke Provinsi Bengkulu. “Bengkulu memiliki segudang potensi. Baik itu wisata, seni maupun budaya. Ini yang harus banyak diketahui masyarakat Indonesia,” tambahnya.

Selain pagelaran seni, pada tanggal 20 April Provinsi Bengkulu melalui Diklat Seni Anjungan Daerah Bengkulu yang telah meraih Juara 1 dalam acara Indonesia Drum Festival 2019 yang diadakan di Taman Ismail Marzuki pada bulan Maret lalu melakukan penampilan musik dhol. Kemudian dilanjutkan dengan acara yang dikemas dalam “Citra Budaya Tradisi”.

Dalam pengisian acaranya itu dari Kabupaten Seluma menampilkan Bimbang Ulu. Kemudian dari Kabupaten Bengkulu Selatan menampilkan Lagu Daerah dan dari Kabupaten Bengkulu Tengah menampilkan Perkusi Musik Dhol. Selain itu juga didukung oleh diklat Seni Anjungan Daerah Bengkulu yang menampilkan Tari Kreasi Daerah yaitu Tari Menjara. Dalam waktu yang bersamaan di Anjungan Daerah Bengkulu juga mengadakan Lomba Lukis dan Lomba Mewarnai tingkat anak-anak yang materinya berupa mewarnai bunga rafflesia, tabut dan melukis rumah Ibu Fatmawati.

Acara peringatan HUT Ke-44 TMII dihadiri oleh Ketua PKK Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin Rohidin, Kepala Biro Perekonomian Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Seluma, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Selatan. “Penampilannya sangat luar biasa. Ini tentu harus terus didorong, agar lebih baik lagi,” ujar Ketua PKK Provinsi Bengkulu, Derta Wahyulin Rohidin.

Setelah itu dihari yang sama, Diklat Seni Anjungan Daerah Bengkulu tampil dalam peringatan HUT Ke-44 TMII yang dilaksanakan di Tugu Api Pancasila TMII yang dihadiri oleh Direktur Taman Mini Indonesia Indah dalam Acara Tari Kolosal Satu Arah. Acara ini diikuti oleh 300 peserta Diklat 34 Anjungan Provinsi di Taman Mini Indonesia Indah.

Rangkain acara HUT ke-44 TMII terus manfaatkan Provinsi Bengkulu sebagai ajang promosi. Pada hari akhir, tepatnya tanggal 21 April, Provinsi Bengkulu mengikuti Pawai Budaya Nusantara yang diikuti 18 provinsi. Kegiatan dalam rangka memeriahkan penutupan HUT ke-44 TMII, di Plaza Tugu Api Pancasila TMII. Anjungan Daerah Bengkulu berama Kabupaten Seluma dan Kabupaten Bengkulu Selatan mengkangkat cerita Bimbang Ulu Kabupaten Seluma.

“Alhamdulillah acaranya berjalan dengan lancer dan sukses, tentunya untuk kedepanya akan dilaksanakan lebih baik lagi,” pungkas Yuhani. Acara dilanjutkan dengan penampilan Perkusi musik dhol dari Diklat Seni Anjungan Daerah Bengkulu dan Lagu-lagu Daerah Bengkulu. (151/prw)