Bengkulu Kota Hadist Mendapat Respon Positif dan Apresiasi Daerah Lain

Helmi Hasan

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Deklarasi kota Hadist yang dilakukan Pemerintah Kota Bengkulu mendapatkan respon positif dari beberapa kepala daerah luar Provinsi Bengkulu. Mereka yang mengapresiasi Deklarasi Kota Hadist antara lain Wali Kota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah, SP, Wakil Wali Kota Pekalongan, H. A Afzan Arslan Djunaid SE, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah dan Wakil Wali Kota Yogyakarta, Hereo Poerwadi. Dalam hal ini, mereka mengucapkan selamat dan mendoakan agar warga Kota Bengkulu bisa hafal 40 hadist serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari agar mendapatkan berkah di Allah SWT.

“Saya mengucapkan selamat kepada masyarakat Kota Bengkulu dan terkhusus Wali kota Bengkulu yang telah menlaunching Bengkulu sebagai kota hadist,” kata Wali Kota Padang, Mahyeldi dalam rekaman video singkatnya.

Menurutnya, keseriusan Wali Kota Helmi Hasan dalam mewujudkan kota hadist adalah sebuah kebaikan yang harus diwujudkan dan harus mendapatkan dukung penuh dari masyarakatnya dan pihak-pihak lainnya, sehingga teladan-teladan Rasullulah SAW akan hadir dalam keseharian masyarakat di Kota Bengkulu. “Insyaallah, Allah akan menaungi Kota Bengkulu dengan ketenangan dan keselamatan, kesejahteraan dan kebahagiaan,” ucapnya.

Ucapan selamat juga disampaikan Wakil Wali Kota Pekalongan, H. A Afzan Arslan Djunaid SE menurutnya Walikota Helmi Hasan merupakan sosok pemimpin yang mampu membawa masyarakatnya ke dalam kebaikan-kebaikan, dengan diwujudkannya kota religus dan kota hadits maka masyarakat Kota Bengkulu bisa sejahtera, damai, dan diridhoi oleh Allah SWT. “Terakhir saya ke Kota Bengkulu saat festival batik Kain Basurek, dan disitu sangat terlihat nuansa religius, mudah-mudahan dengan dinobatkan sebagai kota hadits bisa semakin jaya dan sejahtera,” ucap Afzan.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah juga memberikan apresiasi dan dukungannya kepada Walikota Helmi Hasan untuk mewujudkan Kota Hadits. ” Saya mengucapkan kepada Bapak Walikota Helmi Hasan atas dilaunchingnya Kota Bengkulu sebagai kota hadits,” sampai Musa. Wakil Wali Kota Yogyakarta, Hereo Poerwadi juga berharap agar seluruh masyarakat muslim di Kota Bengkulu bisa menghafalkan dan menerapkan ajaran di dalam hadits sehingga Kota Bengkulu terus berada di dalam kebaikan. “Semoga ajaran yang tertuang di dalam hadits bisa diterapkan oleh masyarakatnya dan Kota Bengkulu semakin maju,” tutup Hereo.

Menanggapi apresiasi tersebut, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Padang, dan Kepala Daerah lainnya yang mengapresiasi kota hadist. Menurutnya, salah satu amalan hadist ini untuk menciptakan kebahagiaan antar sesama manusia serta menyatukan perbedaan dan mempererat persaudaraan. “Salah satu Hadistnya Laa yarhamullaahu man laa yarhamunnaasa, Tidak disayang Allah orang yang tidak sayang kepada manusia. Jadi saling sayang sesama manusia, yang hitam, yang putih dan sebagainya,” sampai Helmi.

Selain itu ia juga memperkenalkan salah satu hadist lainnya yakni At thuhuuru syathrul imaan yang artinya Kebersihan adalah sebagian iman. Dalam hadist ini menginggatkan manusia bahwa yang membuang sampah sembarang maka tidak beriman. Jika hadist ini diamalkan maka lingkungan tempat tinggal dan Kota Bengkulu akan selalu bersih, anti banjir, dan tidak ada lagi yang membuang sampah sembarang. “Jadi agar kita tahu ketika buang sampah sembarang berarti tidak beriman. Nah target kita 100 persen warga Kota Bengkulu bisa hafal hadist, dan kemudian masuk surga,” jelasnya. (805)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*