Bengkulu Kids Marathon

Lari Dapat Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Tingginya antusias peserta Bengkulu Kids Marathon tak lepas dari peran dan partisipasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Paudni). Sehingga target 2000 peserta tercapai.

” Setelah menerima surat edaran dari pemerintah provinsi Bengkulu, Dinas Dikbud kota Bengkulu melalui lembaga pengawas langsung merespon langsung menghubungi seluruh lembaga Paudni, ” ungkap Kelompok Kerja Pengawas Taman Kanak-kanak (TK) Dinas Dikbud Kota Bengkulu, Lesmi Hartati.

Walau kondisi liburan, tidak menghambat pengawas untuk berkoordinasi dengan lembaga. Hingga dalam kurun waktu kurang lebih sepuluh hari perekrutan peserta lomba tercapai target. “Alhamdulillah antusias peserta tinggi, terimakasih pada guru-guru yang telah merekrut dan ikut meramaikan even ini, ” katanya.

Dikatakan Lesmi Hartati, Bengkulu Kids Marathon digelar kali kedua di Bengkulu. Even ini sangat bersinergi dengan pembelajaran di lembaga paud.  “Dilembaga PAUD yang terdiri dari Paud dan Taman kanak-kanak ada pembelajaran indor dan outdor, dan kids marathon masuk dalam kegiatan diluar kelas (outdor),” katanya.

Ia meyakini, pembelajarn diluar kelas itu akan membawa anak-anak akan bergembira dan mampu belajar bersama-sama teman. Anak akan semakin gembira karena lomba ini didampingi langsung orang tua.  Lesmi hartati optimis agenda tahunan yang melibatkan keluarga akan lebih ramai, guru pendamping pun tetap bertanggungjawab atas even ini walau kondisi libur, ” katanya.

Hal yang sama diungkapkan Ketua Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Paudni), Yuni Herlina kids maraton merupakan ajang mengajak anak dan memperkenalkan olahraga sehat yang murah. Banyak dampak positif yang akan didapat pada anak saat mengikuti lomba lari.

Karena lari mampu mempengaruhi tumbuh kembang anak, mulai fisik motorik, anak mampu beradaptasi, menghargai teman, kognitif nya dan banyak lagi.  ” Lari akan meningkatkan kemampuan motorik anak, untuk itu orang tua tidak perlu ragu untuk ikut, selain mendapat sehat, anak juga berpeluang meraih hadiah, ” cetusnya.

Kegiatan digelar pemerintah daerah bekerjasama dengan media Bengkulu Ekspress, yang akan dilaksanakan 30 Desember 2018 di jalan S.Parman Kota Bengkulu. Akan melibatkan banyak panitia, guru pembimbing dari Paudni. Hal ini untuk mengsterilkan kawasan lintasan lomba.

“Kecuali peserta, semua harus diluar lintasan, pun begitu anak masih perlu pendampingan, karena dikawatirkan anak yang terlalu bersemangat kehilangan kendali dalam berlari dan bisa nabrak teman lainnya, maka ini perlu diantisipasi sejak awal, ” ujarnya.

Yuni Herlina optimis pada puncak pelaksanaan, anak-anak akan sangat antusias, event ini selain ajang hiburan bagi anak-anak, masyarakat juga ingin tahu even diakhir tahun itu, tutupnya. (247)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*