Bengkulu Harus Naikkan Status Wilayah

pantai panjang

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyebut, Provinsi Bengkulu saat ini belum masuk kawasan strategis nasional dalam rencana tata ruang nasional. Bengkulu masih bersatus sebatas penyangga empat provinsi di Sumatera bagian selatan.

Dengan itu, Rohidin meminta dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan pemangku kekuasaan berupaya menaikkan status wilayah tersebut.

Salah satu cara disebutkan Rohidin, dengan mengenalkan pulau terluar yang dimiliki oleh Provinsi Bengkulu.

“Pulau terluar seperti Pulau Enggano dan Pulau Mega merupakan posisi strategis yang bisa mendapatkan dukungan dari Pemerintah pusat,” sebutnya, Kamis (31/03/2016).

Meski tak masuk dalam kawasan strategis nasional, dikatakan Rohidin, Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti terus berupaya untuk memajukan Provinsi Bengkulu. Saat ini Gubernur mulai mengambil langkah untuk mewujudkan visi misinya saat kampanye. Salah satunya pembangunan bidang infrstruktur dasar jalan.

Gubernur berinisiatif mengefisienkan anggaran di setiap SKPD dan mengalokasikannya ke pembangunan infrastruktur dasar jalan. Diketahui dari 1.523 km panjang jalan provinsi saat ini 80 persen kondisinya mengalami kerusakan.

“Ini saya ketahui setelah melakukan penyisiran Gubernur Ridwan Mukti pada 10 kabupaten dan kota di Bengkulu,” ujar Rohidin. (Dil)