Bengkulu Hanya Punya 127 Dokter Gigi

drg H Edriwan Mansyur MM  (2)
drg Edriwan Mansyur

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Provinsi Bengkulu saat ini hanya memiliki 127 dokter gigi yang tersebar di 10 kabupaten/kota se Provinsi Bengkulu. Dengan jumlah yang sedikit ini tentu tidak berimbang dengan penduduk di Provinsi Bengkulu yang berjumlah sekitar 2 juta jiwa.

Ketua PDGI Cabang Bengkulu, drg Edriwan Mansyur mengatakan, selain dari segi kuantitas yang kurang, penyebaran Dokter gigi di seluruh kabupaten dan kota se-Provinsi Bengkulu juga tidak merata.

“Dokter gigi kebanyakan berada di Kota Bengkulu. Di kota ada 60 lebih, sementara seperti di Kabupaten Kaur hanya ada 2 begitupun di Kabupaten Lebong ada 2,” ujar Edriwan saat melakukan seminar dengan seluruh dokter gigi se Provinsi Bengkulu, Sabtu (23/01/2016).

Tentu dengan sedikitnya jumlah Dokter gigi di sejumlah kabupaten di Provinsi Bengkulu tidak dapat mengcover masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan gigi. Padahal dokter gigi sangat dibutuhkan oleh masyarakat di daerah.

Karena, lanjut Edriwan, sifat dari dokter gigi tidak hanya pengobatan kuratif atau penyembuhan saja. Namun dokter gigi berkewajiban melakukan edukasi dan pencegahan terhadap masalah gigi dan mulut.

“Adanya dokter gigi di daerah juga untuk melakukan pelayanan kesehatan promotif dan preventif,” katanya. (Dil)