Bengkulu Expo 2018 Dimeriahkan Pagelaran Tradisional

bengkulu expo 7
Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu sedang menggodok rencana kegiatan Bengkulu Expo tahun 2018 yang akan digelar pada tanggal 19 hingga 23 Juli mendatang. Dalam Bengkulu Expo sekaligus hari ulang tahun Provinsi Bengkulu itu akan dimeriahkan dengan pagelaran seni budaya tradisional dari seluruh daerah di Provinsi Bengkulu. Semua kabupaten/kota, masing-masing akan menampilkan seni budayanya.



“Ada kesenian dari seluruh daerah ditampilkan. Seperti Kaur, Selatan, Utara maupun Rejang Lebong akan tampil semua,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (6/7).

Ditampilkan seni budaya tradisional setiap daerah itu dilakukan, untuk memperkenalkan kepada seluruh masyarakat Bengkulu maupun dari luar Bengkulu. Bahwa Bengkulu memiliki segudang seni budaya, yang selama ini mungkin banyak orang tidak mengetahuinya.  “Yang tidak tau, nanti akan jadi tamu. Bahwa kesenian budaya kita sangat banyak sekali,” paparnya.

Tidak hanya seni budaya yang akan ditampilkan, beberapa pameran investasi maupun produk dan jasa unggulan juga akan dipamerkan. Termasuk kerajinan tangan maupun kerajinan lain dari setiap daerah juga akan ditempilkan.  “Ada wisata nusantara juga kita tampilkan,” tambah Rohidin.

Kegiatan Bengkulu Expo yang akan dipusatkan di Lapangan Sport Center Pantai Panjang itu, menurut Rohidin sebagai wadah untuk berkumpul. Semua daerah akan berkumpul menjadi satu, untuk menunjukan keragaman budaya di Bengkulu. “Kita ingin tunjukan kebersamaan itu sangat kuat di Bengkulu,” tegasnya.

Berbagai festifal juga akan dilakukan. Baik itu festifal kopi, kuliner, kompetisi seni lukis, pesona raflesia dan kampoeng besurek. Rohidin menegaskan, kegiatan ini akan dipersiapkan secara matang. Sehingga hasil kegiatan ini akan lebih menarik wisatawan datang ke Bengkulu. “Kita matangkan rencananya. Sehingga bisa lebih meraih dari tahun-tahun sebelumnya,” pungkas Rohidin. (151)