Bengkulu Ekspress Terbaik Sumatera

PMABENGKULU, Bengkulu Ekspress – Koran Harian Bengkulu Ekspress (BE) kembali menorehkan prestasi. Koran Harian Bengkulu Ekspress menerima penghargaan Indonesia Print Media Award (IPMA) tahun 2018 sebagai surat kabar harian terbaik regional Sumatera. Penghargaan itu diberikan atas penilaian dari Serikat Perusahaan Pers (SPS), yang dilakukan dalam satu tahun sekali. Rencananya, penghargaan ini akan diberikan pada tanggal 7 Februari di Ballroom Hotel Marcure Kota Padang Provinsi Sumatera Berat.

” Trophy penghargaan akan diberikan langsung oleh Ketua SPS pusat Dahlan Iskan,” ujar Staf Corporate Komunikasi SPS Pusat Dwi Hartomo saat dikonfirmasi Bengkulu Ekspress, kemarin (25/1).

Dwi mengatakan, tidak semua surat kabar mendapatkan penghargaan tersebut. Sebab dari sekian banyak surat kabar dimasing-masing pulau, hanya satu surat kabar yang mendapatkan penghargaan. Seperti regional Sumatera, regional Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua (lihat grafis). Masing-masing dipilih satu menjadi koran terbaik.

“Jadi penghargaan IPMA ini untuk satu surat kabar di masing-masing regional,” tambahnya.

Dalam penilaian yang dilakukan oleh dewan juri cukup detil. Masing-masing surat kabar, akan dinilai dari masing-masing cover atau muka surat kabar. Dari cover itu akan dinilai lagi terkait aspek komunikasi masa, foto dan aspek branding serta beberapa aspek lainnya. Hasil itu membuktikan, bahwa koran Bengkulu Ekspress masuk dalam kategori penilaian terbaik.

“Semua dinilai oleh dewan juri. Jadi tidak sembarangan untuk menilai,” tutur Dwi.

Tidak hanya dari katagori IPMA, SPS juga memberikan penghargaan untuk katagori Indonesia Inhouse Magazine Awards (InMa), Indonesia Student Print Media Awards (ISPRIMA) dan Indonesia Young Readers Awards (IYRA).

Dwi menuturkan, tahun lalu penghargaan itu diberikan di pulau Jawa, namun untuk tahun ini di pilih Sumatera sebagai lokasi pemberian penghargaan.

“Setiap tahun akan berganti siapa pemenangan dan lokasi pemberiaan penghargaan,” imbuhnya.

Dwi menegaskan, pemberian penghargaan itu untuk memberikan motivasi kepada perusahaan media masa. Sehingga media massa depat terus memberikan karya terbaik bagi para pembaca. Untuk itu apresiasi ini penting untuk diberikan kepada perusahaan media massa. “Kita harap teman-teman pers, dapat terus memberikan karya terbaiknya untuk masyarakat,” tutup Dwi. (151)

KATEGORI SURAT KABAR
– Surat kabar nasional
– Surat kabar regional Sumatera
– Surat kabar regional Jawa
– Surat kabar regional Bali dan Nusa Tenggara
– Surat kabar regional Kalimantan
– Surat kabar regional Sulauwesi
– Surat kabar regional Maluku dan Papua

KATAGORI MAJALAH DAN TABLOID
– Majalah lokal minat khusus
– Majalah Siensi minat khusus
– Majalah lokal berita politik dan bisnis
– Majalah lokal pria dan gaya khusus
– Majalah lokal wanita
– Majalah lokal remaja
– Majalah lokal olahraga dan anak-anak