Bengkulu Ajukan Bantuan Masker ke Kemenkes

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu mengajukan bantuan ribuan masker ke Kementerian Kesehatan mengantisipasi merebaknya pandemi virus corona atau covid – 19. Karena bantuan masker dinilai sangat dibutuhkan sejak terjadi kelangkaan di wilayah Provinsi Bengkulu.

“Kita usulkan ribuan kotak masker ke Kemenkes. Saat ini, masker yang paling dibutuhkan adalah jenis N 95 yang digunakan petugas kesehatan untuk merawat pasien, termasuk masker biasa untuk masyarakat karena permintaan cukup banyak,” ujar Herwan, Rabu (18/3).

Dilanjutkan Herwan, usulan yang disampaikan sesuai intruksi Kemenkes agar Pemerintah Daerah mengajukan kebutuhan logistik dalam penanganan Covid -19. Kebutuhan masker itu sampai saat ini belum terpenuhi, pemerintah hanya baru menerima bantuan alat pelindung diri (APD) sebanyak 30 paket.

“Untuk APD sudah distribusikan ke tiga rumah sakit rujukan di Provinsi Bengkulu,” ungkapnya.

Selain masker, tambah Herwan, Provinsi Bengkulu saat ini juga kekurangan stok alat pemeriksa suhu badan (thermal gun) dan hand sanitazer. Karena saat ini, kedua alat tersebut tidak ditemukan di sejumlah apotik padahal sangat dibutuhkan. (HBN)