Belum Punya Food Processor? Yuk Simak Kegunaannya Disini!

Jakarta, Bengkuluekspress.com – Food processor adalah peralatan dapur serbaguna yang dapat dengan cepat dan mudah memotong, mengiris, mengoyak, menggiling, dan menghaluskan hampir semua bahan makanan. Beberapa model juga dapat membantu juru masak rumahan dalam membuat jus jeruk dan sayuran, mengocok adonan kue, menguleni adonan roti, mengocok putih telur, serta menggiling daging dan sayuran.

Food processor tersedia dalam berbagai ukuran. Mulai dari mesin yang digunakan untuk memasak skala besar di dapur profesional hingga mengolah makanan rumahan untuk satu porsi, meski demikian semuanya menjalankan fungsi dasar yang sama.

Yuk simak kegunaan food processor di bawah ini

Memotong dan Mengiris

Bilah pisau utama pengolah makanan berbentuk S dan digunakan untuk memotong. Saat Anda memasukkan makanan ke dalam food processor dan menyalakannya, bilah pisau akan berputar dan memotongnya menjadi potongan-potongan kecil.

Kontrol ukuran bagian dengan berapa lama Anda menjalankan prosesor, dengan waktu yang lebih lama menghasilkan bagian cacahan yang lebih kecil. Makanan yang bisa dipotong oleh food processor termasuk bawang bombay, tomat, dan kacang-kacangan. Pisau pencacah bahkan bisa digunakan untuk menggiling daging juga.

Pisau pengiris dari food processor dapat mengiris makanan saat Anda menjatuhkannya melalui  bagian atas prosesor. Beberapa prosesor dilengkapi dengan bilah pisau yang mengiris makanan dengan beberapa ketebalan berbeda.

Memarut

Food processor juga bisa digunakan untuk memarut makanan, jenis makanan yang dapat diparut oleh mesin ini adalah wortel, kentang dan zucchini untuk membuat roti. Dengan menggunakan food processor Anda bisa memarut segala jenis makanan dengan cepat dan aman.

Menghaluskan Makanan (Pureeing)

Food processor secara efektif menghaluskan semua jenis makanan, dari kacang polong hingga hummus, atau tomat untuk membuat pasta tomat. Anda juga bisa menghaluskan sup kental menjadi sup halus. Salah satu pertimbangan saat membuat bubur dalam food processor adalah banyak jenis prosesor akan bocor jika diisi terlalu tinggi. Anda biasanya hanya dapat mengisi mangkuk setengah dari kapasitas saat menghaluskan cairan, kecuali jika prosesor dirancang khusus untuk anti bocor saat diisi sepenuhnya.

Membuat Adonan

Pisau pemotong dasar pada pengolah makanan dapat memasukkan mentega ke dalam tepung saat membuat adonan roti. Proses ini hanya membutuhkan beberapa putaran prosesor dan menggantikan tugas memotong mentega dengan blender kue. Beberapa pengolah makanan juga dilengkapi dengan bilah adonan yang dapat Anda gunakan untuk menguleni adonan roti.

Nah, bagi Anda yang saat ini berencana untuk membeli food processor bisa menemukannya di platform Ruparupa. Di sana Anda bisa menemukan berbagai perabotan rumah tangga yang dijual dengan harga terjangkau. Contohnya seperti harga jual kursi yang dibanderol mulai dari Rp 100 ribuan.(rls)