Belum Ada Satupun CJH BU yang Menarik Setoran Haji

Hamidah Sri Rahmi

Bengkulu Utara, Bengkuluekspress.com – Hingga hari ini belum ada satupun calon jamaah haji asal Kabupaten Bengkulu Utara (BU) yang datang ke kantor Kementerian Agama (Kemenag) untuk melakukan penarikan setoran pelunasan.

Hamidah Sri Rahmi M. Si, Kasi penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag BU mengatakan, hingga hari ini belum ada satupun calon jamaah yang datang untuk melakukan penarikan pelunasan setoran haji tanun 2020. Mengenai pengumuman pembolehan penarikan uang setoran pelunasan sudah pihaknya sampaikan melalui group Whatsapp.

“Calon jamaah haji yang batal berangkat tahun ini boleh melakukan penarikan storan pelunasan tahun 2020 yang nominalnya sebesar Rp. 7.737.938,- namun hingga hari ini belum ada satupun calon jemaah haji yang datang untuk melakukan penarikan,” jelas Rahmi saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (11/6).

Apabila uang tersebut tidak ditarik oleh jamaah tidak ada masalah, uang tersebut tetap aman. Pasalnya dana haji sudah tidak lagi dikelola oleh pihak Kementerian Agama tetapi dikelola langsung oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Malahan jamaah yang tidak menarik uang tersebut akan mendapatkan nilai manfaat, yang akan diberikan pada saat keberangkatan nantinya.

Perlu juga disampaikan, kata Rahmi, berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) RI nomor 130 tahun 2020 calon jamaah haji yang meninggal pada saat menjelang keberangkatan boleh diganti dengan ketentuan suami istri, ayah, ibu, anak kandung atau saudara kandung.(cw1)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*