Belum Ada KUBE yang Eksis

Jan-Johanis-Dalos
Jan-Johanis-Dalos SSOs

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Sosial dan PMD Jan Johanis Dalos SSOs mengakui jika di Kabupaten Kepahiang belum ada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) menonjol atau eksis. Sehingga perkembangan KUBE tak terlalu nampak meskipun sudah mendapatkan bantuan dana stimulan untuk membuka usaha.

Ia menyebutkan dimasa kepemimpinannya sejak 2017 ada 20 KUBE 20 Kube untuk Kecamatan Ujan Mas dan Kecamatan Seberang Musi yang mendapatkan stimulan dana bantuan. “Memang belum ada yang menonjol, namun untuk aktif ada yang usahanya aktif,” ucapnya.

Menurutnya, 2018 Kepahiang mendapatkan bantuan untuk 5 KUBE dari Pemerinta Provinsi (Pemprov) Bengkulu. Bantuan stimulan disalurkan langsung kerekening kelompok dari pihak provinsi, hingga Dinsos PMD tak terlibat dalam penyaluran.

“Kalau 2018 itu ada lima KUBE datanya ada dengan kita, ” tegasnya.

Disinggung soal perkembangan KUBE, Dalos mengakui memang tak terpantaui secara menyeluruh, bahkan anggaran yang sudah disalurkan juga tak diketahui besarannya oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Kepahiang. Sehingga persentasi keberhasilan dari puluhan KUBE yang sudah mendapatkan dana hibah tak diketahui.

“Untuk anggarannya langsung kerekening KUBE, kita disini hanya mengusulkan saja,” tuturnya.(320)