Beli Kerupuk untuk Dibawa ke Istana

SOLO – Ibu Negara Iriana Jokowi dan putrinya, Kahiyang Ayu, kemarin juga sempat mengunjungi Pasar Nangka, Solo.

Saat ditemui wartawan, Kahiyang mengungkapkan, kunjungan ke Pasar Nangka tersebut bertujuan untuk membelikan oleh-oleh pesanan ayahnya.

’’Bapak suka kerupuk merah, karak, dan sejenisnya. Ini pas stok kerupuk di sana (Jakarta) sudah habis, makanya pas pulang ke Solo sekalian beli. Kalau di sana, susah cari kerupuk yang enak,’’ jelasnya.

Kemarin Iriana mendatangi toko bernomor 21 dan 22. Selain kerupuk dan karak, dia membeli telur, gandum, serta minyak. ’’Kami sudah terbiasa belanja di sini. Bapak suka kerupuk dari sini,’’ ujar Iriana.

Sementara itu, Parni, pemilik kios, mengungkapkan, Iriana memang sering membeli kerupuk, telur ayam, dan rambak di kiosnya. Kebiasaan itu berlangsung sejak Jokowi menjabat wali kota Solo. Dia melanjutkan, total belanjaan Iriana hanya Rp 225.000. ’’Saya terus terang senang banget toko saya didatengi ibu negara,’’ katanya bangga.

Setelah ke Pasar Nangka, Iriana dan Kahiyang mengunjungi kios bunga Ibu Sudimin yang masih di kompleks pasar tersebut. Di kios bunga itu, mereka membeli sejumlah tanaman hias seperti dona carmen, jemani, dan emerald.

’’Bu Iriana sejak dulu sering belanja bunga di sini. Begitu pula Pak Jokowi. Pernah waktu menjabat wali kota dia datang ke sini naik sepeda onthel, lalu memesan tanaman. Kemudian, tanaman itu kami kirim ke rumah Pak Jokowi,’’ ujar Sambudi, pemilik kios. (dam/c5/kim)