Beli 8 Unit Perahu Nelayan

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Kabar baik bagi nelayan di wilayah Kabupaten Kaur. Pasalnya, Dinas Perikanan Kabupaten Kaur bakal membeli 8 unit kapal untuk nelayan Kaur di tahun 2020 ini. Selain perahu, nelayan juga akan menerima 86 unit alat tangkap ikan pakan ikan dua paket.

“Ini program kita tahun ini dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan, dan pelaksanaanya diperkirakan bulan Maret 2020 ini,” kata Kepala Dinas Perikanan Kaur, Edwar Heppy SSos melalui Kasubag Perencanaan dan Keuangan Reolan Suhadi SIKom MSi.

Dikatakan Reolan, anggaran untuk kegiatan pengadaan sebanyak 8 unit perahu berserta mesin tempel dengan kapasitas 3 GT dan pengadaan alat tangkap ikan rama lingkungan 34 unit dan bantuan penangkapan ikan 43 unit serta dua paket calon induk pakan ikan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 sebesar Rp 1,2 miliar. Dimana 8 unit perahu yang akan dibeli nanti berbahan baku piber, hal ini agar perahu bertahan dalam waku lama.“Untuk pengadaan barang ini kita tidak menggunakan e-katalog dalam pemberian barang, tapi menggunaan sistem pengadaan barang,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk calon penerima bantuan perahu komplet dengan mesin serta alat tangkap ikan dari pemerintah daerah sudah ada kelompok nelayan yang mengajukan proposal pada tahun sebelumnya. Juga ia memastikan bantuan ini akan diberikan kepada nelayan yang benar-benar masuk dalam koperasi nelayan dan berbadan hukum.

“Untuk calon penerima bantuan perahu dan alat tangkap ini kita belum tahu dan nanti akan kita lakukan verfikasi, bantun ini dari DAK pemerintah pusat dan untuk mensejahterakan nelayan agar tangkapannya meningkat,” jelasnya. (618)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*