Belasan Rumah Rusak

IST/Bengkulu Ekspress
RUSAK: Rumah warga Desa Komering, Kecamatan Merigi Sakti, Kabupaten Benteng rusak berat, akibat serangan angin puting beliung, sekitar pukul 13.15 WIB, Jumat (21/9).

MERIGI SAKTI, Bengkulu Ekspress– Warga Desa Komering, Kecamatan Merigi Sakti, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mendadak gempar, sekitar pukul 13.15 WIB, Jumat (21/9). Angin puting beliung seketika mengamuk dan menyerang kawasan pemukiman warga setempat. Tak ada korban jiwa dalam bencana tersebut. Akan tetapi, sebanyak 3 unit rumah warga rusak berat dan belasan rumah serta fasilitas umum seperti Masjid mengalami rusak ringan.

Kepala Desa (Kades) Komering, Sabiran menjelaskan, peristiwa terjadi sesaat setelah masyarakat menunaikan ibadah salat Jum’at. Tak berselang lama, hujan disertai angin kencang langsung memporak-porandakan pemukiman warga serta merobohkan pohon-pohon besar. Seperti pohon kelapa dan pohon rambutan.



“Kami melihat langsung angin puting beliung datang dari arah Gunung Bungkuk dan melintasi desa kami,” ungkap Kades.

Lebih lanjut, Kades mengungkapkan, peristiwa serupa sebelumnya juga pernah terjadi, yakni pada tahun 2015 lalu dan sempat merusak sejumlah rumah warga.”Saat ini, situasi di desa kami sudah aman dan kondusif. Reruntuhan rumah dan pohon yang tumbang sudah dibersihkan oleh masyarakat secara bergotong-royong,” tandas Kades.

Terpisah, Camat Merigi Sakti, Ujang Syafawi SSos didampingi Kapolsek Pagar Jati, Ipda Saman membenarkan adanya bencana alam tersebut. Atas peristiwa itu, Camat mengaku, akan menyampaikan usulan ke Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Benteng agar bisa mendapatkan bantuan. “Rumah warga yang rusak akan kami data dan disampaikan ke Dinsos Kabupaten Benteng,” demikian Camat.(135)