Belajar Tatap Muka, Disdik Tunggu Satgas Covid-19

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Nopri W Aksa

BENGKULU BE – Wacana dibukanya kembali proses kegiatan belajar mengajar tatap muka tingkat SMA/SMK. Juga mau diikuti satuan pendidikan tingkat SMP, SD sederajat di kota Bengkulu.

Hanya saja untuk kepastian pelaksanaannya Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bengkulu, masih menunggu atensi dari Tim Satgas Covid-19.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Nopri W Aksa menuturkan kepada BE Rabu (27/1), Disdik segera membuka pelaksanaan pembelajaran tatap muka. Hal ini sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dan segera ditindaklanjuti oleh gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Animo masyarakat untuk meminta belajar tatap muka sangat tinggi, namun demikian Disdik masih mau mengkajinya terlebih dahulu. Terlebih berdasarkan arahan walikota Helmi Hasan, proses pelaksanaan pembelajaran tatap muka di Kota Bengkulu, harus menunggu hasil kajian dari tim satgas covid-19 dan pendapat dari forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda)

“Jangan hanya desakan orang tua, Disdik gegabah memutuskan pembelajaran tatap muka,” terang Nopri.

Masih dikatakannya, ditengah pandemi saat ini, yang mengerti ancaman pandemi secara konkrit tim satgas sehingga Disdik memandang penting dan menunggu keputusan tim sekaligus meminta arahan apa saja yang harus dipersiapkan dalam pembelajaran tatap muka itu.

“Kita menunggu atensi/catatan hasil pertemuan gugus tugas dan Forkompinda,” imbuhnya.

Sejatinya pemerintah telah mengalokasikan anggaran melalui dana BOS, yang diarahkan untuk pembelanjaan. Jika disetujui, Disdik membuat skenario proses pembelajaran tatap muka. Mulai dari ketersediaan prokes, jumlah siswa yang hadir ke sekolah, pengawasannya seperti apa dan lainnya.

”Kita wajib mengetahui protokol kesehatan seperti ketersediaan sanitaser, masker. Pun demikian, Disdik selaku bidang teknis harus mengetahui bagaimana tehnis atau membuat skenario pembelajaran selama Pandemi. Seperti yang belajar hanya setengah saja kemudian pengawasannya, dan lainnya harapan kita pembelajaran tatap muka dapat dilakukan sesegera mungkin,” tandasnya. (247)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*