Belajar Dua Kali Sehari, Idolakan Habibie dan Bupati

Amna Maharani: Peraih UN SMP Tertinggi

Aman Maharani peraih nilai UN tertinggi didampingi Kepsek SMPN 1 KS Sumari SPd dan Wali kelasnya Eni Gustini SPd (rofi be)Amna Maharani merupakan putri kedua dari 3 bersaudara, pasangan Alponso Sulaiman dan dan Siri Sunarni yang bekerja sebagai tukang bibit. Dengan mendapatkan nilai UN tertinggi Amna, bersyukur karena selama ini dia menginspirasikan dua nama yakni Mantan Presiden RI Prof. BJ Habibie. Selain itu juga mengidolakan Bupati Kaur Dr Ir H Hermen Malil MSc, dua tokoh ini dianggap oleh Amna telah membangkitkanya untuk bejalar.

=======================================================================
ROFI, KOTA BINTUHAN
=======================================================================

Amna Maharni memang bercita-cita ingin menjadi guru Fisika, dengan kerja kerasnya, ia memperoleh nilai UN tertinggi yakni 8.44. Nilai itu diperoleh sesuai dengan nilai pelajaran Bahasa Indonesia dengan nilai 9.00, Bahasa Inggris 7.00, Matematika 9.00, dan IPA 8.75. Nilai tertinggi merupakan hasil kerja kerasnya. Belajar setiap malam dan sesudah subuh, itulah kunci agar belajar pada dua waktu itu lebih enak dan cepat mengerti. Sehingga ia terapkan belajar itu sejak mulai kelas 6 SD, hingga SMPN 1 Kaur Selatan. Dengan gigihnya belajar setiap semester mulai kelas I hingga III SMP, ia berhasil meraih juara umum. “Emang belajar itu sebenarnya sangat malas, namun jika diterapkan pada dua waktu itu. Mudah-mudahan lebih mudah mengerti dan masuk di otak, dan ini merupakan gaya mantan presiden RI BJ Habibie,” kata Amna.
Selian itu pula,¬† Amna memang murid yang berprestasi¬† banyak kegiatan akademik yang dikuti selalu juara, yakni OSN bidang Biologi tingkat provinsi juara harapan, OSN bidang Fisika tingkat Provinsi juara harapan, lalu Duta Sanitasi Air tingkat Provinsi juara harapan. Kemudian itu untuk Try OUT (TO) Amna juga meraih nilai tertinggi se kbaupaten Kaur. “Banyaknya prestasi ini memacu saya agar saya lebih baik dan mempertahankanya, sehingga saya harus percaya diri untuk meraih yang terbaik. Makanya saya terus berusaha gita belajar, “jelasnya.
Kemudian itu, memacu semangat belajar Amna juga menokohkan Bupati Kaur Dr Ir H Hermen Malik MSc, beliau memang sosok pemimpin yang memintingkan pendidikan. Bahkan dia bisa menjadi orang hebat bukan karena uang tapi karena banyak membaca, sehingga dengan membaca ia bisa menjadi pemimpin. “Semua orang tua pak bupati berasal dari guru, kemudian setiap pidato pernah saya perhatikan setiap kalimat yang diucapkan. Bahwa Pak bupati pintar karena banyak membaca,” jelasnya.
Dia pernah bertanya kepada¬† ayahnya dan kerabatnya di Padang Kempas. “Memang Bupati walupun sibuk, tetap meluangkan waktunya untuk membaca selama 1 hingg 2 jam. Inilah yang menginpirasikan saya belajar giat, tapi saya bercita-cita ingin menjadi guru seperti dia, namun bukan bupatinya,” kata Amna.
Sementara itu, cita-cita yang akan diemban sang juara ini, menjadi guru fisika. Dia menganggap guru fisika merupakan guru yang sulit dan guru yang pintar dibanding pelajaran lainya. “Namun ini bukan meremehkan dengan pelajaran lainya, bahwa sulit itu diartikan Fisika dipelajari selain mengasah otak juga diterapkan praktek. kemudian kemudian juga hampir setiap kehidupan dihiasi dengan fisika,” jelasnya. Namun demikian, kata Amna, semua pelajaran tetap mulia, bahkan guru yang di SMPN 1 KS memberikan yang terbaik. Sehingga bisa meraih nilai UN tertinggi. “Terimakasih pak guru dan bu guru, jasamu tidak akan ku lupakan,” harapnya.(823)