Belajar di BLK, Peserta Dapat Dua Sertifikat Sekaligus

Kepala BLK BU, Rumin, saat memantau proses belajar-mengajar

Bengkulu Utara, Bengkulueskpress.com – Di tahun 2021 ini sedikitnya ada 256 orang terdafar sebagai peserta pelatihan di Balai Pelatihan Kerja (BLK) Kabupaten Bengkulu Utara (BU).

Dari total jumlah tersebut di atas, sistem belajaran dibagi menjadi dua angkatan.  Angkatan pertama berjumlah 160 peserta dan akan berakhir pada tanggal 7 Mei nanti. Sementara angkatan kedua akan dimulai akhir Juni nanti.

“Peserta pelatihan kita ada 256 orang. Dan kita bagi menjadi dua angkatan. Angkatan pertama berjumlah 160 yang terdiri dari 10 kelas dari 8 jurusan sementara sisanya 90 orang masuk di angkatan kedua yang proses pelatihannya kalau tidak ada perubahan akan dimulai akhir juni nanti tergantung petunjuk dari pusat,” jelas Rumin Sarif, Kepala BLK BU.

Dari hasil pelatihan tersebut nanti apabila perserta dinyatakan lolos maka peserta diberikan dua sertifikat, satu dari pemerintah daerah dan yang satunya lagi dari Lembaga Sertifikat Profesi (LSP) yang berlalu secara nasional dan internasional.

“Jurusan kita ada 8, diantaranya TIK, otomotif, menjait pakaian dasar, tataboga, tata kecantikan rambut, desain grafis, las dan teknik semprot meubel. Dan apa bila berhasil dan lolos uji kopetensi maka mereka berhak mendapatkan dua sertifikat di antaranya seritifikat lokal dari BLK dan sertifikat nasional yang dikeluarkan oleh pihak Lemabaga Sertifikat Profesi (LSP). Harapan dengan adanya pembekalan pelatihan ini dapat memudahkan bagi perserta untuk mencari pekerjaan untung-untung peserta setelah keluar dari sini dapat membuka usahanya sendiri dan menjadi wirausahawan baru yang kreatif dan inovatif.(cw1)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*