Bekuk Sunderland 3-1, MU Kembali jauhi Man City

muKemenangan atas Sunderland membuat Manchester United menjauhi rival satu kotanya, Manchester City.  Manchester United berhasil mengalahkan Sunderland, 3-1 dalam lanjutan laga Premier League di Stadion Old Trafford, Manchester, Sabtu (15/12). Dengan begitu, MU kembali unggul enam angka dari pesaing terdekat, Manchester City.

MU unggul kala laga baru berjalan 16 menit.  Robin van Persie yang menjadi pencipta gol pembuka MU melalui kaki kirinya. Umpan silang Ashley Young gagal diblok pemain belakang Sunderland, John O’Shea. Bola itu langsung diteruskan Van Persie k gawang lawan.

Tiga menit berselang, publik Old Trafford bersorak.  Gol kedua tercipta  melalui Tom Cleverley. Kolaborasinya dengan Michael Carrick diteruskan tembakan melengkung yang melesak ke pojok gawang Simon Mignolet.

Unggul dua gol ternyata tak membuat MU mengendurkan serangan. Di menit ke-23, tuan rumah hampir kembali mencetak gol ketiganya, andai tendangan voli Wayne Rooney tak melenceng dari sasaran.

Sunderland akhirnya membuat ancaman pada menit ke-25. Namun tembakan Stephane Sessegnon masih bisa diselamatkan dengan baik oleh David de Gea. Pun dengan peluang kedua Sessegnon pada menit ke-37 yang bisa dihentikan Patrice Evra. Babak pertama berakhir 2-0 untuk MU.

Setelah turun minum, Sunderland bisa lepas dari tekanan MU. Pada menit ke-48, Craig Gardner sempat mengancam gawang Red Devils melalui sepakan mendatar dari luar kotak penalti. Namun, tendangan eks pemain Aston Villa itu masih bisa dihentikan De Gea.

Pada menit ke-50, Van Persie berkesempatan mencetak gol keduanya pada laga itu. Tetapi, meski tinggal berhadapan dengan Mignolet, tendangan cungkil Van Persie masih melebar dari sasaran.

MU akhirnya mencetak gol ketiga. Dari sebuah kolaborasi antara Young dan Van Persie, bola lantas diumpan ke depan gawang Sunderland. Di sana, sudah menunggu Wayne Rooney yang dengan mudah menceploskan bola, meski mendapat hadangan Jack Colback.

Tertinggal semakin jauh membuat Manajer Martin O’Neill mencoba memainkan Fraizer Campbell mengganti Adam Johnson. Keputusan tersebut terbukti jitu. Hanya empat menit berada di lapangan, Campbell mampu mengoyak jala MU lewat sundulan setelah menerima umpan Sessegnon pada menit ke-72. Itu menjadi gol pertama Sunderland ke gawang MU dalam enam pertandingan terakhir.

Usai gol dari The Black Cats, kedua tim gagal memanfaatkan peluang-peluang yang ada. Pertandingan berakhir dengan kemenangan MU 3-1. MU kembali menjauh dari kejaran Manchester City, yang beberapa jam sebelumnya sempat mendekat usai mengalahkan Newcastle United. MU kini mengemas 42 poin dan masih berselisih enam angka dari City. Sementara Sunderland, turun satu peringkat ke urutan ke-16 dengan 16 poin.(**)

Susunan pemain
Man United (4-4-2):
1-David De Gea; 4-Phil Jones, 12-Chris Smalling, 5-Rio Ferdinand (15-Nemanja Vidic 68), 3-Patrice Evra; 7-Antonio Valencia, 16-Michael Carrick (22-Paul Scholes 46), 23-Tom Cleverley (11-Ryan Giggs 73), 18-Ashley Young; 10-Wayne Rooney, 20-Robin van Persie
Manajer: Sir Alex Ferguson

Sunderland (4-4-1-1): 22-Simon Mignolet; 24-Carlos Cuellar, 14-Jack Colback (11-James McFadden 85), 16-John O’Shea, 19-Titus Bramble; 7-Sebastian Larsson, 8-Craig Gardner, 21-Adam Johnson (9-Fraizer Campbell 68), 23-James McClean; 28-Stephane Sessegnon; 26-Steven Fletcher (10-Conor Wickham 46)
Manajer: Martin O’Neill

Wasit: Chris Foy