Bedah Rumah Yayasan Polres Bengkulu Peduli Diserahkan

Kondisi rumah sebelum dibedah

 

Kondisi rumah setelah dibedah

BENGKULU, bengkuluekspres.com – Yayasan Polres Bengkulu Peduli bekerjasama dengan harian Bengkulu Ekspress hari ini, Jumat (18/03/2016) melakukan penyerahan bantuan rumah yang beberapa waktu lalu direhab melalui kegiatan bedah rumah kepada keluarga Afrizon warga RT 038 RW 05 Kelurahan Betungan Kecamatan Selebar kota Bengkulu.

Menurut Kapolres Bengkulu, AKBP Ardian Indra Nurinta,S.Ik, selaku pembina yayasan Polres Bengkulu Peduli  bahwa bantuan bedah rumah ini awalnya berdasarkan  adanya informasi dari  RT setempat yang saat itu sedang mengurus SKCK di Polres Bengkulu, bahwa disekitar rumahnya ada warga yang hidup dibawah garis kemiskinan dan tinggal dirumah yang belum layak.

“Dari Informasi ini saya dan tim langsung meninjau ke lokasi untuk melihat kebenaran informasi yang saya dapatkan,”ceritanya.

Diceritakannya lebih lanjut, setelah melihat langsung ke lokasi ternyata memang benar bahwa kondisi keluarga Afrizon begitu sangat memprihatinkan. Hal ini terlihat dari kondisi rumahnya yang kecil  hanya berdindingkan triplex seadanya dan lantainya pun hanya beralaskan karpet plastik.

“Setelah kita lakukan rehab dari dana yang terkumpul dari donatur, Alhamdulillah hari ini sudah selesai dan siap kita serahkan,”.

Dikatakan Kapolres, kedepan yayasan ini  tidak hanya memberikan bantuan dalam bentuk rumah saja. Namun juga   akan memberikan bantuan  dalam bentuk lain seperti biaya sekolah, bantuan pengobatan, atau pun bentuk modal bagi warga yang tergolong kurang mampu.

“Semoga yayasan ini akan terus berjalan dan dapat selalu amanah. Artinya, baik pengurus, pembina yayasan mau pun donatur yang sudah memberikan sedikit hartanya, dapat bekerja murni dari hati hanya untuk ibadah, bukan untuk mencari keuntungan,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, General Manager harian Bengkulu Ekspress, Sukatno, M.Si selaku pengawas dari yayasan Polres Bengkulu Peduli, mengharapkan semoga bantuan sosial yang diberikan dapat bermanfaat.

Dijelaskannya, penerima bantuan ini sudah melalui tahapan yang matang, karena sebelum menetapkan penerima  bantuan, tim yayasan terlebih dahulu mencari siapa yang memang  sangat membutuhkan bantuan. Terutama warga masyarakat yang hidupnya berada diketegori dibawah garis kemiskinan.

“Keluarga Afrizon ini, kalau dilihat dari kondisinya memang layak dan pantas menerima bantuan ini,” ujarnya disela-sela penyerahan bantuan.

Ketika bengkuluekspress.com menanyakan sumber dana yang didapat yayasan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu ini, mantan ketua PWI Bengkulu ini mengatakan bahwa sumber dana yayasan diambil dari sumbangan para dermawan yang besarannya tidak ditentukan.

“Dana yang masuk sangat transparan karena diumumkan di harian Bengkulu Ekspress dan www.bengkuluekspress.com. Satu rupiah pun tidak ada diperuntukkan bagi  pengurus, ini murni kita lakukan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” terangnya.

Sementara itu, penerima bantuan rumah dari Yayasan Polres Bengkulu Peduli yaitu keluarga Afrizon menyambut dengan senang hati apa yang telah dilakukan oleh pihak yayasan.

“Saya serasa mimpi, kalau dulu anak-anak saat tidur selalu dikerumuni semut dan lalat. Namun berkat bantuan renovasi dari yayasan Polres Bengkulu ini, Alhamdulillah kehidupan keluarga kami menjadi lebih baik,” ungkapnya sambil berlinang air mata.

Pantauan bengkuluekspress.com, rumah yang telah dibangun oleh pihak yayasan Polres Bengkulu Peduli memang sudah bisa dikatakan layak huni dibandingkan sebelum direhap.

Sebelum direhap tempat tinggal keluarga Afrizon berdiri hanya terbuat  kayu berdinding triplek seadanya dan lantainya pun  hanya tanah merah yang dilapisi dengan tikar dan karpet plastik.

Sedangkan setelah direhab tapak  berdiri rumah berukuran 5X65 meter yang  dilengkapi 2 kamar tidur dan ruang keluarga. Selain itu, rumah ini juga  sudah berlantaikan keramik, dan sudah memiliki plafon sehingga kalau matahari terik panasnya tidak masuk sampai ke dalam rumah. Disamping itu, rumah ini juga telah dilengkapi dengan dapur dan WC serta jendela.

Bagi para donatur yang ingin menyumbangkan sebagian hartanya, anda bisa melihat informasinya berikut jumlah dana yang disumbangkan, selahkan baca harian Bengkulu Ekspress atau bisa juga dilihat di www.bengkuluekspress.com. (one)