Beasiswa S3 untuk Pegawai

ARGA MAKMUR, BE – Kepedulian Pemkab Bengkulu Utara dalam bidang pendidikan sangat intensif.  Setelah memberikan bantuan beasiswa perguruan tinggi kepada siswa lulusan SMA yang berprestasi dan kurang mampu, kini pemerintah daerah juga memberikan beasiswa untuk pegawai negeri di lingkungan Pemkab BU untuk menempuh pendidikan doktor (S3) di sejumlah universitas di Indonesia.  Di sekolahkannya PNS ke tingkat doktor tersebut bertujuan untuk mencetak sejumlah tenaga ahli di bidangnya masing-masing sesuai dengan pendidikan yang ditempuh.   “Ada tiga pegawai untuk tahun ini yang dikuliahkan S3 oleh pemerintah daerah,” kata Bupati Dr Ir HM Imron Rosyadi MM MSi.

Alokasi anggaran untuk beasiswa S3 bagi PNS di lingkungan Pemkab BU tersebut didanai sepenuhnya oleh APBD Bengkulu Utara tahun 2012. Pemerintah daerah memberikan kesempatan untuk kuliah S3 kepada PNS untuk meningkatkan kualitas PNS di Pemkab Bengkulu Utara khususnya yang memiliki keahlian khusus.

Dalam hal ini, jika para PNS yang dikuliahkan tersebut sudah lulus, setidaknya bisa menjadi tenaga-tenaga yang ahli dan bisa memberikan sumbangsih untuk pemerintah daerah untuk membangun kabupaten Bengkulu Utara kedepannya.  “Jika banyak tenaga ahli yang dimiliki, setidaknya akan memberikan sumbangsih untuk pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan di Bengkulu Utara,” ucapnya.

Untuk PNS yang sudah mendapatkan beasiswa S3 dari pemerintah daerah, Pemkab BU menegaskan PNS yang bersangkutan tidak boleh pindah tugas. Pasalnya belajar dari yang sebelumnya, PNS yang sudah dibiayai pemerintah daerah pindah tugas dan enggan kembali ke daerah yang sudah membiayainya. Pemerintah daerah menyekolahkan S3 untuk pegawai untuk kepentingan daerah bukan kepentingan pegawai yang bersangkutan. “Setelah kuliah S3-nya selesai, PNS tersebut harus tetap bekerja di lingkup Pemkab Bengkulu Utara,” tandas Imron. (212)