Bea Cukai Ajak Gempur Rokok Ilegal

REWA/BE
Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Bengkulu, Indriya Karyadi didampingi jajarannya saat melepaskan balon menyambut HARKODIA pada Acara Customs Goes to Beach di Pantai Panjang Kota Bengkulu, Minggu (1/12).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Bengkulu rutin melaksanakan sosialisasi dan penindakan terhadap peredaran barang kena cukai ilegal, khususnya rokok ilegal. Bahkan, demi mempersempit ruang gerak peredaran barang kena cukai ilegal tersebut, Bea Cukai menggandeng masyarakat untuk menggempur peredaran rokok ilegal di Provinsi Bengkulu.

Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Bengkulu, Indriya Karyadi mengatakan, peredaran rokok ilegal harus diperangi dan dimusnakan dari Bumi Rafflesia. Setidaknya ada 3 jenis rokok ilegal yaitu rokok yang tidak dilengkapi pita cukai pada bungkusnya, menyematkan pita cukai bekas, dan menempelkan pita cukai yang tidak sesuai peruntukannya.

“Kami mengajak seluruh masyarakat di Provinsi Bengkulu untuk gempur rokok ilegal,” kata Indriya dalam Acara Customs Goes to Beach di Wisata Pantai Panjang Bengkulu, Minggu (1/12).

Ia mengaku, berdasarkan imbauan pemerintah, rokok itu dapat membahayakan kesehatan. Hadirnya rokok ilegal maka akan semakin membuat kesehatan masyarakat semakin terganggu. Karena tidak tahu bahan kimia apa yang terkandung di dalamnya. “Harganya memang murah, tapi kita tidak tahu bahan apa yang dibuat untuk rokok ilegal tersebut sehingga dikhawatirkan membahayakan kesehatan masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, rokok ilegal juga tidak memberikan kontribusi pajak kepada negara. Sehingga akan merugikan negara, apalagi pada tahun ini Bea Cukai menargetkan dapat mengumpulkan pajak hingga Rp 208,8 triliun. Pendapatan negara ini akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk fasilitas-fasilitas pembangunan.

Di antaranya, infrastruktur, rumah sakit, hingga pemberdayaan UMKM. “Makanya kita harus perangi rokok ilegal ini karena merusak perekonomian negara,” tutur Indriya. Karena itu, ia mengajak masyarakat Bengkulu untuk dapat turut serta memerangi peredaran rokok ilegal. Serta melaporkannya kepada kantor bea cukai terdekat. Dalam hal ini, KPPBC Bengkulu. “Mari sama-sama gempur rokok ilegal,” tutupnya.

Seperti diketahui, selain mengajak masyarakat untuk gempur rokok ilegal, pada Acara Customs Goes to Beach, KPPBC Tipe Madya Pabean C Bengkulu juga menggelar senam sehat dan pembagian ratusan doorprize menarik. Selain itu, pada kesempatan yang sama, juga dibuka 3 booth yaitu terkait kepabeaan, cukai, dan Hari Antikorupsi Sedunia.(999)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*