BCA Berkolaborasi dengan Chatat.id, Fasilitasi Edukasi bagi Merchant Bangga Lokal

 

JAKARTA, BE – Kebangkitan bagi pelaku UMKM terus disuarakan oleh berbagai pihak dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Langkah strategis pun dilakukan berbagai pihak untuk mendukung program pemerintah ini. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai satuan sistem keuangan nasional mencermati hal tersebut dengan memiliki program Bangga Lokal yang memfasilitasi pelaku UMKM berkembang.

Pada kesempatan istimewa ini, BCA memberikan edukasi pelatihan melalui webinar yang berkolaborasi dengan Chatat.id, sebuah platform yang membantu pelaku usaha untuk melakukan pencatatan keuangan secara digital. Kegiatan ini dihadiri oleh SVP DTB BCA Dody Santosa Iswan, Direktur Chatat.id Petrus Hadi Satria Bapa serta dihadiri oleh 50 merchant Bangga Lokal, termasuk diantaranya perwakilan dari Desa Wisata binaan Bakti BCA pada Kamis (27/05).

Program Bangga Lokal telah hadir sejak November 2020 lalu, program ini bertujuan untuk membantu UMKM mengembangkan bisnis. Tak hanya promosi dan marketing, dilakukan juga kegiatan edukasi dan kesempatan mendapatkan pembiayaan modal kerja bagi UMKM yang lolos seleksi. Kali ini kegiatan yang dihadirkan melalui program ini adalah edukasi.

“BCA melalui Bakti BCA dengan pilar Solusi Bisnis Unggul terus berkomitmen untuk membangkitkan serta mengkampanyekan untuk menggunakan produk-produk lokal demi pemulihan ekonomi di berbagai daerah. Program Bangga Lokal yang kami miliki merupakan salah satu wujud komitmen, tidak hanya memberikan ruang promosi, kami juga memberikan edukasi bagi merchant yang bergabung. Edukasi ini ditujukan untuk mendorong pelaku usaha untuk tetap berkreativitas dan memudahkan mereka dalam menjalankan bisnis,” ujar Dody.

Pencatatan bagi pelaku usaha merupakan sebuah aktivitas yang penting, karena ini akan membantu mengatur arus keuangan dalam bisnis. Kegiatan ini sering kali dianggap sulit bagi beberapa pihak karena memerlukan keahlian khusus. Melihat hal tersebut, kali ini BCA berkolaborasi dengan Chatat.id yang merupakan platform digital yang akan membantu pelaku usaha untuk melakukan pencatatan. Pada kegiatan webinar ini, peserta akan diberikan informasi lengkap mengenai manfaat dari memiliki pencatatan yang rapi dalam melakukan bisnis.

Chatat.id menawarkan kemudahan bagi pelaku usaha dalam melakukan pencatatan dengan berbagai fitur yang aman, akurat dan bermanfaat. Pelatihan ini akan membantu pelaku UMKM untuk melakukan pencatatan digital tanpa perlu memahami ilmu keuangan. Hal ini juga akan membuat pelaku UMKM tidak perlu menyediakan staf keuangan khusus untuk melakukan pencatatan keuangannya.

“BCA mendukung penuh peran UMKM dalam misi membangkitkan perekonomian Indonesia. Hal ini sejalan dengan upaya kami untuk mempercepat realisasi Tujuan Pembangunan Berlanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Harapannya melalui kegiatan hari ini dapat memberikan semangat bagi para pelaku UMKM untuk membangun bisnis lebih terstruktur. Jika pencatatan keuangan sudah dilakukan secara rapi, maka peluang mengembangkan usaha akan terbuka lebar. Semoga kegiatan seperti ini dapat berlangsung kembali sehingga lebih banyak UMKM yang teredukasi dengan kegiatan positif seperti ini,” tutup Dody. (Rls)