Baznas Santuni 244 Dhuafa

CURUP, BE – Berbagai kalangan turut ambil bagian dalam peringatan hari jadi Kota Curup ke-135 yang jatuh kemarin (29/5). Tak terkecuali oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rejang Lebong.

Pada peringatan hari jadi Kota Curup ke-135 kemarin. Baznas Kabupaten Rejang Lebong memberikan santunan kepada kaum Dhuafa yang ada di Rejang Lebong. Penyerahan dilakukan langsung oleh bupati Rejang Lebong H Suherman SE MM didampingi Kepala Baznas Rejang Lebong H M Slamet A.

“Untuk penyerahan hanya simbolis kepada dua orang saja, namun untuk totalnya mencapai 244 orang,” ungkap kepala Baznas Rejang Lebong. Slamet.

Menurut Slamet mereka yang mendapat santunan ini adalah kaum Dhuafa yang sudah lanjut usia serta tidak memiliki sumber penghasilan tetap. Selain itu mereka juga memiliki penyakit seperti stroke, cacat permanen, tuna rungu, tuna netra dan sejenisnya.

“Kegiatan ini kita rutin langsakan setiap tanggal 10, namun kita ambil hari ini (kemarin, red) karena bertepatan dengan HUT Kota Curup,” jelas Slamet.

Lebih lanjut Slamet menjelaskan, dipilihnya penyerahan pada peringatan hari jadi Kota Curup dengan harapan para penerima santunan bisa langsung berbelanja kebutuhannya. Mengingat dilokasi pelaksanaan HUT Kota Curup ada Bazar sehingga mereka bisa berbelanja langsung dilokasi penyerahan.

“Peneriman santunan ini rata dari seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong ini,” tambah Slamet.

Sementara itu, terkait dengan jumlah santunan yang diberikan. Slamet mengaku bila santunan yang diberikan masing-masing sebesar Rp 170 ribu perorang. Menurut Slamet dalam satu tahunnya para penerima ini akan dievaluasi apakah masih layak menerima atau tidak. Bila memang tidak layak lagi maka akan diserahkan kepada mereka yang layak.(251)