Baznas Kaur Beri Penghargaan 4 OPD

SERAHKAN: Asisten 1 Setda Kaur, Robi Antomi MSi bersama Ketua Baznas Kaur H Wahyu Datsi saat menyerahkan piagam penghargaan kepada 4 OPD dan foto bersama di aula lantai II Pemda Kaur, Senin (22/3).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kaur, Senin kemarin (22/3) menyerahkan 4 piagam penghargaan kepada 4 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Kaur. Penyerahan piagam penghargaan ini bertempat di aula lantai dua Pemda Kaur, yang langsung diserahkan oleh Plt Asisten 1 Setda Kaur, Robi Antomi MSi bersama Ketua Baznas Kaur, H Wahyu Datsi SPdI, Senin (22/3).

“Pemberian penghargaan kepada 4 OPD ini karena mereka secara rutin mengeluarkan zakatnya,” kata Wahyu Datsi dalam sambutanya, Senin (22/3).

Dikatakannya, 4 OPD yang menerima penghargaan itu yakni Dinas Pertanian Kabupaten Kaur mendapatkan penghargaan dengan kategori Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dengan jumlah pengumpulan zakat infaq dan sedakah terbesar tahun 2020. Selain itu juga diberikan penghargaan kepada Kecamatan Muara Sahung dengan kategori UPZ tingkat kecamatan dengan persentase pengumpulan zakat infaq dan sedakah terbaik tahun 2020. Selaian itu diberikan pula penghargaan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu untuk kategori tingkat dinas dan badan dengan persentase pengumpulan zakat infaq dan sedakah terbaik tahun 2020.

“Terakhir kami berikan piagam penghargaan kepada Sekretariat Daerah Kabupaten Kaur untuk kategori (UPZ) dengan item pengumpulan zakat infaq dan sedakah terbanyak tahun 2020,” terangnya.

Sementara itu, Robi Antomi yang juga merupakan Kabag Kesra Setda Kaur itu menyampaikan, ke depannya dia berharap para wajib zakat baik ASN maupun kalangan swasta dapat menyumbangkan pendapatannya untuk membayar zakat sesuai diamanatkan agama.

“Jika kita melihat jumlah gaji ASN di Kabupaten setiap bulan mencapai 13 miliar lebih ini bila diakumulasi dengan jumlah 2,5 persen artinya satu bulan bisa mengumpulkan zakat hingga Rp 340 jutaan, tentu ini pendapatan luar bisa yang bisa kita sumbangkan dengan masyarakat yang membutuhkan,” terangnya.

Ditambahkannya, jumlah ini belum termasuk untuk pegawai BUMD, BUMD instansi vertikal, TNI, Polri. Sehingga jika dikelola dengan baik dan tumbuhnya kesadaran dari muzaki tentu dapat disalurkan sesuai dengan program yang telah difokuskan oleh Baznas. Sebab selama ini Baznas dalam menyalurkan zakat fokus kepada bidang sosial, pendidikan, kesehatan ekonomi dan keagamaan.

“Dana yang terkumpul ini benar benar bermanfaat dan tentunya tepat sasaran, sebab melibatkan sejumlah eleman dalam Baznas. Saya berharap kesadaran ASN dalam membayar zakat ini meningkat,” harapnya. (618/krn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*