Baznas, Bedah 10 Rumah Tak Layak Huni

ASRI/Bengkulu Ekspress SERAHKAN: Asisten 2 Bupati Bengkulu Selatan aat6 menyerahkan bantuan bedah rumah di kelurahan Padang Kapuk, Kota Manna, Senin (22/4).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Kabar gembira bagi warga miskin di Bengkulu Selatan (BS). Pasalnya tahun 2019 ini baznas kembali membedah rumah warga miskin atau rumah tidak layak huni. ” Tahun ini kami akan membedah 1p rumah warga tidak layak huni,” kata Wakil Ketua Baznas Bengkulu Selatan, H Ali Nundiha SH saat penyerahan secara simbolis bantuan bedah rumah di kelurahan Padang Kapuk, Kota Manna, Senin (22/4).

Ali mengatakan, ke -10 rumah tidak layak yang dibedah tersebut yakni tersebar di Bengkulu Selatan, salah satunya rumah milik Dedi Hermanto, warga Jl. Letnan Sulik, Gg Persatuan RT 02 Kelurahan Padang Kapuk Kecamatan Kota Manna. Adapun dana yang dianggarkan sebesar Rp 20 juta per unit. ” Total dana untuk bedah rumah ini sebesar Rp 200 juta,” ujarnya. Ali menjelaskan,sumber dana yang dikumpulkan oleh badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bengkulu Selatan dari zakat,infak dan sedekah (ZIS) yang dikumpulkan dari aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemda Bengkulu Selatan. Dirinya berharap semua ASN di Bengkulu Selatan dapat membayar zisnya melalui baznas Bengkulu Selatan.

” Semakin besar dana yang kami kumpulkan, maka semakin banyak warga miskin yang terbantu,” terangnya.

Assisten II Bupati Bengkulu Selatan, Novman Ahmad Ali SE memberikan apresiasi pada baznas Bengkulu Selatan yang telah memberikan bantuan bedah rumah pada warga miskin yang rumahnya tidak layak huni. Dirinya mengatakan, bantuan teraebut bersifat stimulan. Oleh karena itu dengan adanya bantuan ini, warga sekitar juga bisa membantu dan warga yang menerima bantuan dapat termotivasi agar semakin giat bekerja hingga akhirnya nanti keluar dari garis kemiskinan.



” Saya harap adanya bantuan ini bisa memberikan motivasi bagi penerima agar semakin semangat bekerja,” ujarnya.

Novman Ahmad Ali juga berpesan, agar dana yang diterima dapat dikelola dengan baik, sehingga rumah yang selama ini ditempati menjadi layak huni.kepada ASN juga dirinya berpesan agar dapat membayar zis. Sebab sambung Novman Ali, dalam rezeki kita ada hak orang lain. ” Setiap penghasilan kita diwajibkan membayar zakat, jangan biarkan orang disekitar kita kekurangan dengan kita tutup mata tanpa mau mengeluarkan zakat penghasilan kita,” imbau Novman Ali.

Dedi, salah satu penerima bantuan bedah rumah dari baznas mengucapkan terima kasih atas ada bantuan tersebut. Pria yang sehari hari berprofesi sebagai kuli bangunan ini mengaku dengan adanya bantuan tersebut akan digunakan semaksimal mungkin untuk merehab rumahnya. Dirinya akan terus bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan rumah tangganya. ” Terima kasih atas bantuan ini, saya akan terus giat bekerja agar perekonomian rumah tangga kami membaik,” ujar ayah 3 anak ini dengan mata berkaca-kaca saat menerima bantuan kemarin. (369)