Bazar Murah di 4 Kecamatan

Foto : Sekretaris Disperindagkop dan UKM Benteng, Hj Sri Yurdaniah SE MSi

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akan menggelar operasi pasar (bazar sembako murah).

Kegiatan menjual sembilan bahan pokok (sembako) murah tersebut akan dilakukan sekitar H-7 atau H-10 perayaaan Idul Fitri 1940 Hijriah/2019 Masehi.”Operasi pasar merupakan agenda rutin setiap tahun,” kata Sekretaris Disperindagkop dan UKM Kabupaten Benteng, Hj Sri Yurdaniah SE MSi, kemarin (8/5).

Terkhusus di tahun 2019 ini, operasi pasar akan dilakukan secara terbatas. Yakni hanya di 4 kecamatan di Kabupaten Benteng di pasar tradisional yang terdapat di Kecamatan Pagar Jati, Merigi Sakti, Merigi Kelindang dan Kecamatan Pondok Kubang. “Lokasi pasti masih dalam proses perencanaan. Yang jelas di 4 kecamatan,” jelas Sri.

Disperindagkop dan UKM Kabupaten Benteng akan bekerjasama dengan pihak ketiga sebagai penyedia sembako murah yang memiliki harga di bawah eceran tertinggi (HET). “Sampai saat ini, kami masih berkoordinasi dengan beberapa distributor penyedia sembako dan Bolog Bengkulu. Siapa yang bisa menyediakan sembako dengan harga lebih murah, itulah yang nantinya akan kami ajak bekerjasama. Sebab, sembako murah ini untuk kepentingan masyarakat umum,” terangnya.

Sri menjelaskan, beberapa komoditi pertanian mulai mengalami gejolak kenaikan harga. Salah satunya adalah harga bawang putih yang sempat menembus Rp 100 ribu. “Alhamdulillah, harga bawang putih secara perlahan menurun. Jika di pasar selasa Desa Kembang Seri dihargai Rp 90 ribu per kilogram, pada pasar Rabu (8/5) Desa Kembang Seri, harga bawang putih bisa dijangkau sebesar Rp 80 ribu per kilogram,” tandasnya.(135)