BAZ Kota Distribusikan Zakat

IST - Asisten II Setda Kota, Drs Fachruddin Siregar MM menyerahkan bantuan kepada siswa SD yang berasal dari BAZ Kota di Masjid Baiturahim, Kelurahan Semarang.BENGKULU, BE – Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Bengkulu sebagai lembaga pengelola zakat yang dibentuk oleh pemerintah kota bengkulu, rabu (12/6) pukul 08.50 wib kembali mendistribusikan zakat. Kali ini zakat yang diberikan adalah zakat konsumtif untuk siswa SD, SMPN dan SMAN sekecamatan Sungai Serut dan Muara Bangkahulu. Acara yang dilaksanakan di Masjid Baiturahim, Jalan Lintas Bengkulu–Curup Kelurahan Semarang ini dihadiri oleh Assisten II Drs Fachrudin Siregar MM mewakili Walikota Bengkulu H Helmi Hasan SE yang sedang berhalangan. Ikut serta Camat Kampung Melayu Zulianti, Camat Sungai Serut Juradi Azan, para lurah, serta mantan Kepala BAZ Kota, Sirman Dahwal.
Panitia pelaksana Kepala BAZ Kota Nurdin melaporkan, Penerima Zakat Konsumtif berjumlah 288 siswa terdiri dari 38 siswa dari SD 77 Kecamatan Kampung Melayu. Mereka ini adalah orang-orang yang mengajukan permohonan. Mereka terdiri dari 90 siswa SD, SMP dan SMA yang ada di Kecamatan Sungai Serut dan 160 siswa dari SD, SMP dan SMA yang ada di Kecamatan Kampung Melayu.
“Semua siswa yang mendapatkan distribusi zakat ini mendapatkan tas sekolah, baju dan sepatu sekolah dan uang Rp 2 juta dengan total yang dizakatkan Rp 75 juta.  Keseluruhan zakat konsumtif ini berasal dari kumpulan zakat PNS pemerintah Kota Bengkulu ditambah dengan zakat hamba Allah (Simpang Kandis) Rp 25 juta, hamba Allah (Panorama) Rp 1 juta dan hamba Allah (Kandang Limun) Rp 1 Juta. Terimakasih kepada semua PNS yang sudah menyisihkan sebagian hartanya, semoga zakat yang dibagikan pada hari ini benar-benar dapat dimanfaatkan sebagimana peruntukkannya,” papar Kepala BAZ Kota Bengkulu.
Dirinya juga berharap, ke depan jumlah zakat yang terkumpul dapat terus meningkat dari hari ke hari mengingat potensi zakat yang didukung dengan zakat penghazilan/profesi (gaji) dilingkungan pemerintah Kota Bengkulu dengan jumlah PNS mencapai 7.036 orang (PNS tahun 2013). “Dengan potensi ini insya Allah dapat membantu pemerintah mengurangi kemiskinan di Kota Bengkulu,” ujar Nurdin.
H Helmi Hasan SE yang diwakili Assisten II Fachrudin Siregar dalam arahannya menyampaikan ucapan terimakasih atas nama pemerintah Kota Bengkulu kepada PNS se Kota Bengkulu yang  telah peduli dan menyalurkan zakatnya melalui BAZ Kota Bengkulu. “Besar harapan bagi yang belum membayar zakatnya dapat menyalurkan zakat. Mengingat potensi zakat dari PNS Kota Bengkulu cukup menjanjikan,” ujar Fachruddin.
Selain itu, dirinya juga menyampaikan  semoga hal ini dapat menjadi motivasi dan dorongan bagi siswa dan orang tua yang memberi bimbingan untuk menjadi anak yang berguna dan berhasil. Disamping itu, ia juga berharap nantinya bisa berbuat hal yang sama dihari mendatang (menyisihkan rezeki melalui zakat untuk anak yang kurang mampu). “Kepada anak- anak nanti jika sudah bekerja, jangan sampai lupa berzakat, lakukanlah hal yang sama kepada adik- adik yang membutuhkan, karena ini adalah sesuatu hal yang baik,” ujarnya.
Penyerahan zakat dilakukan secara simbolis oleh Asisten II Fachrudin Siregar kepada Rido Halim Pranata (SDN 57), Sri Widiastuti (SMPN 22) dan Ahmad Widianto Eka Putra (SMAN 9). Distribusi zakat ini juga dimeriahkan dengan seni Islam marawis dari kelompok madu IAIN. (009/rls/adv)