Bayi Baru Lahir Langsung Terdata di KK

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Mukomuko, segera meluncurkan program dalam pelayanan administrasi kependudukan. Yakni, setiap bayi yang baru dilahirkan, datanya akan langsung masuk dalam kartu keluarga (KK) orang tua bayi yang bersangkutan.

“Ini baru rencana program kita, dan akan ditindaklanjuti dengan bekerja sama dengan jajaran Dinas Kesehatan dan RSUD setempat,” ujar Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Mukomuko, Badri Rusli ketika dikonfirmasi Bengkulu Ekspress.

Menurutnya, kerjasama itu berupa pelaporan data bayi. Contohnya, setiap ada bayi yang lahir, jajaran Dinkes dan RSUD menyampaikan laporannya. Sehingga pihaknya bisa langsung mencatat dan memasukan data bayi tersebut ke dalam KK orang tua bayi yang bersangkutan. Ini akan lebih mempermudah bagi masyarakat yang bersangkutan. Seperti ada warga yang bersalin menggunakan BPJS. Bayi yang baru di lahirkan itu bisa langsung diurus BPJS-nya. Karena pihaknya telah memasukan data tersebut ke dalam KK orang tua dari bayi yang bersangkutan.

“Selama inikan ada yang bersalin menggunakan BPJS dan mendapatkan pelayanan sesuai kebutuhan. Setelah persalinan selesai, pembiayaan perawatan bayi yang dilahirkan tidak bisa masuk di BPJS. Karena bayi tersebut belum terdaftar,” jelasnya.

Program tersebut akan segera dijalankan pada bulan Maret ini, tepatnya setelah diteken bupati Mukomuko.

“Kita laporkan dulu dan meminta persetujuan kepala daerah. Selanjutnya program tersebut diterapkan sesuai dengan mekanisme dan aturan yang ada,” lanjut Badri. (900)