Bawaslukab BS Rekrut 390 Pengawas TPS

Azes Digusti SIkom

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Untuk mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember mendatang, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten (Bawaslukab) Bengkulu Selatan (BS), saat ini merekrut pengawas Tempat Pemungutan suara (TPS). Perekrutan Pengawas TPS ini sesuai dengan jumlah TPS. Sebab nanti setiap TPS ditempatkan satu pengawas.

“Karena jumlah TPS kita ada 390 titik, maka Pengawas TPS yang direkrut sebanyak 390 orang,” kata Ketua Bawaslukab BS, Azes Digusti SIkom.

Dikatakan Azesz waktu pendaftaran Pengawas TPS digelar hampir 2 minggu yakni mulai Sabtu (3/10) hingga Kamis (15/10). Adapun persyaratannya yakni usia minimal 25 tahun, pendidikan minimal SMA sederajat.

“Diutamakan yang berdimisili di desa tempay TPS yang bersangkutan dengan dibuktikan denhan fotokopi KTP,” ujar Azes.

Tidak hanya itu, sambung Azes, calon pendaftar pengawas TPS juga bersedia di rapid test atau mengikuti tes influenza, kemudian tidak terlibat sebagai pengurus partai politik atau tidak terlibat tim kampanye pasangan calon kepala daerah.

“Untuk syarat lebih lengkap silahkan tanyakan ke panwascam di wilayah masing-masing,” beber Azes.

Untuk perekrutan sambung Azes, dilakukan oleh masing- masing Panwascam. Adapun masa kerja pengawas TPS selama satu bulan terhitung sejak 16 November hingga satu minggu setelah pungutan suara. Sedangkan untuk gaji, dirinya mengaku belum mengetahuinya, sebab penggajian pengawas TPS kewenangan Bawaslu Provinsi Bengkulu.
“Tugasnya nanti untuk mengawasi semua tahapan pemilu hingga selesai penghitungan suara di TPS yang diawasinya, sehingga pelaksanaan pemilu berjalan lancar,aman dan tanpa ada kecurangan,” terang Azes. (asri)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*