Bawaslu Terima 4 Laporan Politik Uang

Foto : Ist

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepahiang tangani empat laporan indikasi permainan politik uang dalam Pemilu Serentak 17 April 2019 lalu. Empat laporan dugaan pemberian uang untuk memilih caleg tertentu ditiga Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu di Kabupaten Kepahiang.
Dalam laporan yang masuk ke Bawaslu Kepahiang menyebutkan lokasi kejadian pemberian sejumlah uang kepada warga masyarakat terjadi di Kecamatan Kepahiang dan Bermani Ilir.

“Kalau laporan, tidak melaporkan secara langsung caleg. Namun dalam perkaranya laporan terkait pada caleg ditiga parpol,” ungkap Ketua Bawaslu Kepahiang, Rusman Sudarsono Minggu (5/5).

Menurut, Rusman keempat laporan masih diselidiki Tim Gakummdu dengan mengumpulkan keterangan pelapor serta para saksi-saksi. Waktu penyelidikan cukup lama karena dalam ketentuan proses penyelidikan diberikan waktu 14 hari dalam bisa ditambah jika dibutuhkan. “Untuk laporan pertama yang lokasi kejadia di Bermani Ilir, kesimpulannya akan disampaikan 8 mei mendatang. Sedangkan tiga laporan lainnya masih dalam penyelidikan,” tutur Rusman.

Data terhimpun, jika laporan dugaan politik uang yang ditangani Bawaslu Kepahiang berkait dengan caleg ditiga Parpol yakni PKB, Partai Demokrat, dan PDI Perjuangan. Laporan ada terkait dengan kegiatan politik Celeg DPRD Provinsi dan Caleg DPRD Kabupaten.

“Laporan pertama masuk itu lokasinya kejadian (Politik uang, red) berada di Kecamatan Bermani, kemudian laporan kedua ada diwilayah Kecamatan Kepahiang. Nah untuk yang dilaporkan terkait dengan caleg yang sama,” sebut Rusman. (320)