Bawaslu RL Segera Rekrut Panwascam

ARY/BE
Bawaslu saat mensosialisasikan rencana perekrutan Panwascam kepada awak media Kamis (7/11) kemarin.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Seiring dengan akan masuknya tahapan pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Rejang Lebong, dalam waktu dekat ini Bawaslu Rejang Lebong akan melakukan perekrutan calon Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam). Ketua Bawaslu Rejang Lebong, Dodi Hendra Supiarso mengungkapkan, saat ini sudah memasuki tahap dari perekrutan Panwascam. Dimana menurutnya dari tanggal 6 November kemarin hingga tanggal 12 November adalah masa tahapan sosialisasi.

“Saat ini sudah masuk tahapan sosialisasi perekrutan Panwascam, kemudian pengumuman akan kita laksanakan pada tanggal 13 sampai 26 November mendatang,” sampai Dodi saat menggelar sosialisasi dengan sejumlah awak media di Kantor Bawaslu Rejang Lebong, Kamis (7/11) kemarin.

Dijelaskan Dodi, untuk tahap pendaftaran sendiri akan dilaksanakan mulai tanggal 27 November hingga tanggal 3 Desember mendatang. Setelah masa pendaftaran maka tahapan selanjutnya menurut Dodi yaitu penelitian kelengkapan berkas yang akan mereka laksanakan pada tanggl 5 Desember mendatang.

Lebih lanjut Dodi menjelaskan, dalam tahapan perekrutan Panwascam sendiri, pihaknya akan melakukan perpanjangan waktu penerimaan berkas yang akan mereka lakasapan pada tanggal 6 sampai 10 Desember mendatang. Perpanjangan waktu penerimaan berkas tersebut juga bersamaan dengan penelitian administrasi berkas pendaftaran yang dilaksanakan dari tanggal 6 sampai 11 Desember.

Sedangkan untuk pengumuman hasil penelitian administrasi akan dilaksanakan pada tanggal 12 hingga 15 Desember. “Dalam perekrutan Panwascam ini, kita juga akan meminta tanggapan dan masukan masyarakat yang akan kita laksanakan dari tanggal 12 sampai 15 Desember,” paparnya. Setelah itu, menurut Dodi, tahapan yang akan dilaksanakan yaitu tes tertulis dan tes wawancara dilakukan pada tanggal 13 hingga 17 Desember 2019, dan pengumunan hasil tes dilakukan pada 18 Desember 2019. “Setelah semua tahapan selesai, maka kita rencananya akan melaksanakan pelantikan Panwascam pada tanggal 20 atau 21 Desember mendatang,” terang Dodi.

Panwascam yang terpilih nantinya akan mendapat kontrak kerja baru selama 12 bulan sejak dilantik. Untuk honor Panwascam sendiri, menurut Dodi semuanya ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu yang besarannya mengalami peningkatan dari sebelumnya. Dimana honor untuk Ketua Panwascam sebulannya sebesar Rp 2,2 juta meningkat dari sebelumnya Rp 1,850 juta, kemudian untuk anggota saat ini menjadi Rp 1,9 juta dari sebelumnya Rp 1,6 juta.

Dengan akan dibukanya proses rekrutmen anggota Panwascam di Kabupaten Rejang Lebong tersebut, Dodi mengajak para pemuda dan pemudi Rejang Lebong untuk ambil bagian dalam suksesnya pelaksaan Pilkada serentak di Kabupaten Rejang Lebong. “Kami berharap nanti akan banyak para pemuda dan pemudi di Kabupaten Rejang Lebong yang ikut dalam perekrutan Panwascam ini, karena semakin banyak yang ikut maka akan semakin mudah kami mencari Panwascam yang berkualitas untuk mensukseskan Pilkada serentak di Kabupaten Rejang Lebong,” demikian Dodi. (251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*