Bawaslu Ingatkan Kepala Daerah Tak Politisir Bansos Penanganan Covid-19

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu memberikan ultimatum bagi seluruah kepala daerah yang ada di Provinsi Bengkulu akan maju di Pilkada 2020 agar tidak mempolitisir bantuan sosial ditengah Pandemi Covid-19.

Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu Parsadaan Harahap, SP, M. Si dalam surat nomor : 23/ K. BE/ PM 01.01/2020 meminta agar tidak menjadikan momentum penanganan Covid-19 di daerahnya masing-masing sebagai kampanye terselubung.

“Itu merupakan bentuk pencegahan kita (Bawaslu) mengingatkan kepala daerah baik gubernur dan wakil gubernur, mauapun para bupati/walikota se Provinsi Bengkulu untuk tidak mempolitisir bantuan sosial ditengah wabah covid-19,” ungkap Parsadaan Harahap saat dihubungi Bengkuluekspress.com via telepon, Jumat (1/5).

Karena lanjut Parsadaan, kepala daerah khususnya petahana secara aturan belum pencalonan karena tahapan-tahapan pilkada 2020 banyak yang ditunda. Jadi prinsipnya Bawaslu mendukung upaya kebijakan pemerintah daerah dalam penanganan covid-19 yang sudah mengalokasikan anggaran daerah.

“Tetapi, kita menghimbau untuk seluruh kepala daerah, para pejabat daerah untuk untuk menjalankan kebijakan sesuai mekanisme peraturan perundang-undangan. Dan tidak mempolitisir bantuan sosial atau menggunakan anggaran covid-19 kepentingan pribadi atau kelompok dalam menghadapi pemilihan kepala daerah,” tutupnya. (HBN)