Bawaslu dan Polres Awasi MP

foto : ist

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Beberapa hari menjelang pencoblosan Pilpres dan Pileg tahun 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaur mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap tindakan Money Politik (MP) yang disebarkan tim sukses menjelang hari pemilihan nanti. Ketua Bawaslu Kaur, Tony Kuswoyo SSos menyampaikan, kini pihaknya memfokuskan pada pengawasan politik uang menjelang Pemilu yang sudah di depan mata ini. Juga pihaknya juga telah berkonsolidasi dengan Polres Kaur untuk mengantisipasi hal tersebut.

“Selain itu, disini kita juga akan mengingatkan kembali untuk menjaga netralitas para Aparatur Sipil Negara (ASN). Kami telah menurunkan petugas untuk memantau di setiap kecamatan mengawasi pelanggaran Pemilu,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Tony seluruh wilayah di Kabupaten Kaur berpotensi adanya tindakan politik uang terlebih jika sudah sangat mendekati hari pemilihan. Pihak Bawaslu juga telah mengantongi data terkait wilayah paling rawan terjadi politik uang. “Hasil rumusan kita, satu hari sebelum hari pemilihan mulai rawan politik uang tersebut karena teman-teman pengamanan telah fokus dengan pegawasan MP ini,” terangnya.



Sementara itu, Kapolres Kaur AKBP Arief Hidayat SIK juga menegaskan, pihaknya bersama Bawaslu juga tidak akan menolerir setiap kecurangan yang terjadi dalam Pemilu, baik yang terjadi di TPS ataupun tempat lainnya. Termasuk kecurangan dalam bentuk MP. “Kepanjangan tangan polisi adalah Forum Komunikasi Polisi dan Masyarakat (FKPM). Maka, laporkan setiap informasi ke kami apabila menemukan kecurangan dalam Pemilu baik di TPS maupun MP. Kita harap kepada calon atau tim sukses agar tidak melakukan money politik,” harapnya.(618)