Bawang Putih Naik 4 Kali Lipat

APRIZAL/Bengkulu EkspressSejak 4 hari lalu bawang putih mengalami kenaikan harga yang sangat drastis.

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress– Hampir satu bulan terakhir harga komoditas pangan di pasar tradisional di Kabupaten Bengkulu Utara mengalami kenaikan. Salah satunya adalah bawang putih, yang sejak 4 hari lalu mengalami kenaikan yang sangat drastis. Kenaikan harga bawang putih terjadi secara bertahap mulai dari 3 bulan terakhir. Dari harga normal yang dapat di beli dengan harga Rp 20 ribu per kilo, saat ini harga bawang putih Rp 80 ribu hingga Rp 100 ribu per Kg.

Salah seorang pedagang bawang di Pasar Purwodadi Arga Makmur, Desi mengatakan, kenaikan harga bawang ini lantaran stok bawang putih dari distributor sedikit, bahkan kosong sehingga pedagang hanya menjual bawang stok yang miliknya yang masih tersisa. Ada juga pedagang bawang yang justru tidak menjual bawang putih karena tidak memiliki stok.

Meski harga bawang putih mengalami kenaikan hingga 4 kali lipat, para konsumen masih tetap membelinya, namun dengan sekala yang kecil. “Kenaikan ini lantaran stok dari distributor terbatas dan sedikit, bahkan hingga kosong. Sehingga pedagang hanya menjual stok bawang yang ada, bahkan ada yang sampai tidak menjual.karena kehabisan,” ungkapnya.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bengkulu Bengkulu Utara (BU), Zulkarnain MH melalui Sekretaris Dinas Perdagangan Kabupaten Bengkulu Utara, Saparudin mengungkapkan, jika harga sembako mengalami kenaikan pihaknya akan melakukan operasi pasar guna menstabilkan harga. Namun untuk saat ini pihaknya belum dapat melakukan operasi pasar untuk bawang putih, karena stok bawang kosong.

“Ya nanti, kita akan lakukan operasi pasar guna menstabilkan harga. Namun saat ini kita belum dapat melakukan karena stok bawang putih kosong,” ungkapnya.

Untuk diketahui, selain bawang putih terdapat beberapa bahan pokok lain yang juga mengalami kenaikan, yakni bawang merah yang di hargai Rp 40 ribu perkilo, telur ayam Rp 45 ribu per karpet, daging ayam Rp 45 ribu per Kgdan daging sapi Rp 130 ribu per Kg. (127)