Bawang Putih Ditargetkan Rp 20 Ribu/Kg

=DOK/Bengkulu Ekspress Bawang putih yang sempat langka, kini mulai banyak tersedia.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bengkulu menargetkan harga bawang putih ditingkat pedagang bisa mencapai Rp 20 ribu per Kilogram (Kg). Ini dilakukan mengingat saat ini harganya masih dikisaran Rp 50 ribu per kg.

“Harga bawang putih di Bengkulu terus bergerak turun, dari dua hari lalu bertengger di Rp 60.000, kini turun lagi menjadi Rp 50.000/kg. Kita harapkan harga bawang putih kembali normal di kisaran Rp 20.000-Rp 25.000/kg,” kata Kepala Disperindag Kota Bengkulu, Dewi Dharma, kemarin (9/5).

Ia menjelaskan, terus menurunnya harga bawang putih karena pasokan dari Jawa terus mengalami peningkatan. Bahkan, saat ini ada ratusan ton telah disalurkan ke pedagang di Kota Bengkulu.”Pasokannya saat ini sudah sangat banyak, ada ratusan ton sudah didistribusikan, jadi harganya insha Allah tidak akan melonjak lagi,” ujar Dewi.

Ia mengaku, berapapun kebutuhan konsumen, persediaan bawang putih pasti tercukupi. Karena stoknya saat ini benar-benar melimpah. Bahkan, Disperindag Bengkulu, akan terus meningkatkan pasokan bawang merah ke pasar di daerah ini agar harganya bisa kembali normal hingga mendekati Hari Raya Idul Fitri mendatang.

“Kita targetkan harga bawang putih di Bengkulu segera stabil di kisaran Rp 20.000/kg. Harga ini diharapkan berlaku sampai mendekati Idul Fitri, sehingga masyarakat tidak resah lagi untuk mendapatkan bawang putih sesuai harapan,” harap Dewi.

Untuk menekan agar harga barang putih selama Ramadan stabil, Disperindag Kota Bengkulu akan bekerjasama dengan Bulog untuk menggelar operasi pasar bawang putih. “Kita akan gelar operasi pasar bersama dengan Bulog, tujuannya agar harga bawang putih bisa normal,” tutupnya.(999)