Bawang Putih dan Daging Meroket

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Harga bawang putih dan daging sapi di Kabupaten Mukomuko meroket. Bawang putih mencapai Rp 90-100 ribu per kilogram, daging Rp 130, ayam potong Rp 45 ribu per Kg, bawang merah Rp 30 dan cabai merah Rp 24 ribu/kg. Sejumlah kebutuhan lainnya ikut mengalami kenaikan.

Pedagang bawang putih, Yanto mengatakan mahalnya harga bawang dikarenakan membeli dengan harga yang tinggi. Sehingga ia dan pedagang lainnya mau tak mau menjual dengan harga yang tinggi pula. ”Kami membeli dengan harga mahal. Jadi kami jual diatas harga ketika membeli dengan pedagang pengumpul,” katanya.



Hal yang sama disampaikan pedagang daging sapi, Neti bahwa sejak H-2 bulan puasa, harga daging sapi sebesar Rp 130 ribu/kg. Harga tersebut rata-rata mengalami kenaikan hingga 20 ribu atau harga sebelumnya Rp 110 ribu/kg. Begitu pula dengan harga ayam naik dari sebelumnya hanya Rp 34 hingga 37 per Kg. “Saat ini harga ayam potong Rp 45 ribu per Kg. Harga naik dikarenakan membeli ayam dari luar Kabupaten Mukomuko, juga dengan harga yang mengalami kenaikan,” ungkap pedagang daging ayam, Mulyadi.

Sementara itu, Kadisperindagkop dan UKM Kabupaten Mukomuko, Fauzi melalui Sekretaris, Nurdiana mengakui jika sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Pihaknya terus melakukan pemantauan dan pengawasan. Direncanakan pula akan digelar operasi pasar untuk menstabilkan harga dan konsumen yang membeli kebutuhan pokok dengan harga standar. ”Kita rencanakan mengelar operasi pasar atau bazar.Tujuannya minimal menekan harga dan masyarakat yang membeli kebutuhan dengan hargastandar,” tutupnya.(900)