Bawang Merah Rp 80 Ribu Lagi

harga bawang melambung, peminat kurangaARGA MAKMUR, BE – Harga bawang merah di Begkulu Utara (BU) kini meroket lagi hingga Rp 80 ribu per kg. Kondisi harga ini terjadi di Pasar Purwodadi Arga Makmur dan menjalar ke pasar-pasar tradisional lainnya di BU.
Kondisi harga yang mencekik itu untuk bawang kualitas super. Sedangkan yang kualitas jelek,dengan kondisi bawang tidak begitu bagus atau layu di jual oleh pedagang Rp 60 ribu per kg. Akibat masalah tersebut, konsumen menjadi resah karena harga bumbu masak itu jauh melebihi harga ayam potong dan bahan lainnya.
Salah seorang pedagang, Erni (42) mengatakan, harga bawang hampir setiap hari mengalami perubahan dan selalu saja naik. “Tidak sama dengan harga lainnya, kalau daging saat ini harganya masih normal Rp 90 ribu. Tapi inilah kenyataan harga bawang yang bisa kami jual. Karena tidak mungin kami pedagang menjual rugi,” katanya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perindag BU,  Drs H Yarmidal SE MM membenarkan harga sembako yang kian hari meningkat, karena sesuai dengan meningkatkan permintaan. “Semakin banyak kebutuhan, barang menjadi langka dan harga meningkat. Memang sudah menjadi hukum pasar seperti itu. Apalagi bawang, selalu dekat dengan masyarakat, dan selalu digunakan, tapi tetap kita pantau jangan sampai langka dan tidak ada bawang lagi di pasar,” ujarnya. (117)